Follow our news chanel

Ratusan ton sampah ditampung di bank sampah Kenambai Umbai

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Sentani, Jubi – Bank Sampah Kenambai Umbai Kabupaten Jayapura selama 2018 menampung sampah seberat 154 ton. Sampah tersebut terdiri dari dua jenis, sampah plastik dan sampah kardus.

Pengelola bank sampah Kenambai Umbai, Farah Febriyanti, mengatakan sampah yang ditampung merupakan sampah yang dijemput langsung di rumah-rumah warga. Tetapi ada juga warga yang datang langsung ke bank sampah serta sampah yang dipungut dan dibeli di tempat-tempat pembuangan sampah.

“Memasuki awal Januari, setiap hari kami bisa kumpulkan sampah plastik sekitar 500 kilo dan  kardus sekitar 1 ton. Jumlah ini sedikit bertambah dari tahun lalu,” jelas Mba Wawa, sapaan akrabnya, saat ditemui di Sentani, Rabu (23/1/2019).

Menurutnya, sampah secara umum yang akan dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) tanpa disortir bukan solusi penyelesaian sampah.

Dikatakan, sampah yang hendak dibuang ke TPA harusnya disortir dan dipilah. Mana sampah yang bisa habis terurai dan yang tidak bisa terurai.

“Contoh kongkritnya di bank sampah ini dalam setahun saja sampah yang dipilah bisa mencapai 154 ton. Bisa dibayangkan sampah umum di tempat pembuangan akhir,” ujarnya.

Loading...
;

Ketua Pemuda Pencinta Lingkungan Hidup (PPLH) Kota Sentani, Mansse Bernard Taime, mengusulkan agar pengelolaan sampah dikelola secara wilayah.

“Setiap keluarahan dan distrik masing-masing memiliki satu bank sampah. Sehingga masyarakat tinggal diarahkan untuk memilah sampah dan membawa sampah tersebut ke bank sampah di wilayah masing-masing,” katanya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top