Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Rawan manipulasi, sistem noken tetap boleh dipakai dalam Pilkada 2020

Ilustrasi penggunaan noken dalam pemungutan suara Pilkada di wilayah pegunungan Papua – Jubi. Dok.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Dari 11 kabupaten di Papua yang akan menyelenggarakan Pemilihan Umum Kepala Daerah atau Pilkada Serentak 2020, dua diantaranya akan menerapkan pemungutan suara dengan sistem noken. Kedua kabupaten itu adalah Kabupaten Yahukimo dan Pegunungan Bintang atau Pegubin.

Hal itu dinyatakan komisioner Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu Papua, Ronald Manoach di Jayapura pada Rabu (22/1/2020). “Penggunaan sistem noken dalam Pemilu itu sebenarnya rawan disalahgunakan. Akan tetapi, kami sudah melakukan langkah-langkah antisipasi guna meminimalisir kecurangan,” kataΒ Manoach.

Untuk mengantisipasi kecurangan, Bawaslu Papua akan lebih awal melantik Panitia Pengawas (Panwas) di tingkat distrik. Bawaslu bahkan ingin melantik Panwas itu sebelum Komisi Pemilihan Umum Daerah melantik Panitia Pemilihan Distrik.

Manoach menyatakan pihaknya juga akan memperkuat kapasitas setiap Panwas agar dapat memaksimalkan langkah pencegahan pelanggaran di tingkat bawah. Setiap Panwas bisa memetakan titik rawan pelanggaran.”Paling tidak, kami lebih dulu mempersiapkan personil di tingkat kabupaten dan distrik,” ujarnya.

Sebelumnya, anggota Bawaslu Kabupaten Merauke, B Tukedjo mengungkapkan pihaknya menerima hibah anggaran dari pemerintah setempat senilai Rp16 miliar yang dicairkan dalam dua tahap. Untuk tahap pertama, senilai Rp2 miliar, telah dikucurkan tahun 2019 silam. “Dana dimaksud digunakan untuk berbagai kegiatan, termasuk pelantikan Panwas 20 distrik, ” kata Tukedjo.

Sejumlah 11 kabupaten di Papua yang akan menggelar Pilkada Serentak 2020 adalah Kabupaten Nabire, Kabupaten Asmat, Keerom, Waropen, Merauke, Memberamo Raya, Pegunungan Bintang, Boven Digoel, Yahukimo, Supiori, dan Yalimo.(*)

Loading...
;

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top