HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Referendum di Mikronesia ditunda

Micronesia's President Peter Christian attends a press conference after the Small Island States meeting in Aiwo on September 3, 2018, ahead of the start of the Pacific Islands Forum (PIF). - Official talks at the 18-nation Pacific Islands Forum (PIF) starting on September 3 will centre on the threat climate change poses to island states and China's rising influence in the region. (Photo by Mike LEYRAL / AFP)
Referendum di Mikronesia ditunda 1 i Papua
Presiden Federasi Mikronesia (FSM), Peter Christian, Februari 2019. -PINA

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Pohnpei, Jubi – Referendum untuk menentukan kemerdekaan bagi negara bagian Chuuk di Mikronesia, yang rencananya akan dilaksanakan bulan depan telah ditunda, menurut pejabat-pejabat senior di negara Pasifik itu, Jumat (22/2/2019).

Sebelumnya, pemungutan suara untuk memutuskan apakah Chuuk akan berpisah dari Federasi Mikronesia (Federated States of Micronesia; FSM), dijadwalkan diadakan bersamaan dengan pemilihan nasional pada 5 Maret 2019 mendatang.

Referendum di Mikronesia ditunda 2 i Papua

Namun, penasihat hukum utama untuk badan legislatif negara bagian Chuuk, Eliesa Tuiloma berkata, referendum yang awalnya seharusnya dilakukan pada Maret 2015, kembali ditunda sampai waktu yang belum ditentukan.

“Ya, referendum itu akan ditunda,” katanya kepada AFP. “hal ini akan memungkinkan kita untuk menilai lebih mendalam implikasi-implikasi konstitusionalnya.”

Federasi Mikronesia (FSM) terdiri dari lebih dari 600 pulau di sebelah utara Pasifik, yang terbentang lebih dari ribuan kilometer dengan luas area daratan hanya 700 kilometer persegi (270 mil persegi).

Chuuk adalah negara bagian terbesar dari 4 negara bagian FSM dengan populasi mencapai 50.000 jiwa, mencakup hampir setengah dari populasi negara federasi itu.

Loading...
;

Sebagian besar penduduk setempat di Chuuk sudah lama dongkol karena ibu kota nasional FSM, Palikir, berada di negara bagian Pohnpei. Selain itu mereka merasa tidak menerima sumber daya yang memadai dari pemerintah, yang menimbulkan desakan untuk merdeka. (PINA)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa