Follow our news chanel

Previous
Next

Register untuk orang Samoa di luar negeri: Pengakuan atau paranoia?

Perdana Menteri Samoa, Tuilaepa Dr. Sa'ilele Malielegaoi. - Samoa Observer
Register untuk orang Samoa di luar negeri: Pengakuan atau paranoia? 1 i Papua
Perdana Menteri Samoa, Tuilaepa Dr. Sa’ilele Malielegaoi. – Samoa Observer

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Oleh Mata’afa Keni Lesa

Rencana yang diungkapkan oleh Perdana Menteri Tuilaepa Dr. Sa’ilele Malielegaoi dan pemerintahnya untuk mengembangkan sebuah register mendokumentasikan semua orang Samoa yang tinggal di luar negeri, adalah ide yang menarik.

Terlepas dari apa tujuan daftar tersebut, hal ini pasti terdengar asing dan tidak biasa. Asing, karena orang-orang Samoa yang tinggal di luar Samoa tidak dapat berpartisipasi dalam pemilu Samoa dari negara lain dimana mereka menetap, mengapa pemerintah harus repot-repot menyusun daftar seperti itu? Apa gunanya?

Dan rencana itu tentu saja tidak biasa, karena ini adalah pertama kalinya dalam sejarah negara ini, ide ini diusulkan. Pertanyaannya adalah kenapa? Dan kenapa harus sekarang?

Saat membacakan pengumuman itu dua pekan lalu, Perdana Menteri Tuilaepa berkata daftar itu akan mendokumentasikan “komunitas diaspora negara ini, dengan fokus utama pada pencapaian dan kontribusi mereka dalam pembangunan Samoa.”

Menurut Perdana Menteri Tuilaepa: “daftar ini akan digunakan sebagai basis data informasi bagi pemerintah untuk digunakan dalam mempertimbang isu-isu nasional ke depannya yang akan menguntungkan Samoa.

Loading...
;

“Register itu juga akan mengakui orang-orang Samoa yang tinggal di luar negeri atas pencapaian dan kontribusi mereka bagi kesejahteraan bangsa ini.”

Mari kita berhenti di sini sejenak.

‘Isu-isu nasional’ apa yang sedang di bicarakan di sini? Dan mengapa pemerintah tiba-tiba memerlukan ‘basis data informasi’ untuk semua orang Samoa yang tinggal di luar negeri?

Perdana Menteri Tuilaepa juga tidak menerangkan secara mendetail bagaimana pemerintahnya berencana untuk mengakui kontribusi orang-orang Samoa yang menetap di luar negeri.

Mengakui karya dan keahlian orang Samoa di seluruh dunia

Apa yang kita tahu adalah bahwa gagasan itu terinspirasi oleh banyaknya karya orang Samoa yang telah tersohor di panggung dunia, dalam bidang-bidang seperti olahraga, politik, musik, akting, dan seni lainnya.

“Orang-orang Samoa yang tinggal di luar negeri terkenal di seluruh dunia karena bakat alami dan keahlian mereka dalam karier dan bidang mereka masing-masing,” jelas Perdana Menteri Tuilaepa.

“Kita punya beberapa komedian yang telah menyoroti cara hidup Samoa kita, perjuangan kita sebagai satu bangsa, dan perjalanan kita untuk bertahan hidup, untuk menceritakan cara hidup asli Samoa ke seluruh dunia untuk dihargai dan dihormati.

“Jejak Samoa di Hollywood hanyalah satu babak sejarah terbaru,” kata Tuilaepa, merujuk pada Seiuli Dwayne ‘The Rock’ Johnson. Tuilaepa memuji kontribusi dan usahanya untuk mempromosikan Samoa ke seluruh dunia.

Dengan masuknya Samoa di film Hollywood, Hobbs & Shaw, kita percaya bahwa negara ini berutang budi kepada Seiuli Dwayne Johnson dan timnya.

Di seluruh dunia saat ini, Seiuli Dwayne Johnson dapat dibilang sebagai orang Samoa yang paling dikenal. Dia dipuja oleh jutaan orang, setiap hal yang diterbitkan di akun media sosialnya diikuti oleh jutaan orang lainnya. Fakta bahwa ia memilih film yang, mungkin merupakan film terbesarnya, untuk menarik perhatian dunia pada Samoa adalah sesuatu yang harus kita banggakan.

Seberapa sering kita mendapatkan perhatian seperti ini? Itulah sebabnya Perdana Menteri Tuilaepa benar saat ia mengakui pekerjaan Seiuli secara terbuka. Menurut Tuilaepa: “Kita sangat bangga dengan pencapaian dan film terbaru Seiuli, Hobbs & Shaw. Selama beberapa detik, Seiuli telah mengabadikan negara kita, orang-orang dan identitas Samoa kita, di layar kaca. Dan untuk itu, Seiuli dan semua aktor dan aktris Samoa dalam film itu, telah mendapatkan persetujuan dan pujian tertinggi pemerintah dan seluruh rakyat Samoa.”

Sekarang kita mulai paham mengenai rasa bangga pemerintah terhadap semua putra dan putri Samoa ini. Orang Samoa mana yang tidak akan bangga ketika kita melihat capaian semua orang-orang Samoa ini di seluruh dunia?

Namun pertanyaan awal tadi masih ada, bagaimana bisa ide daftar global untuk semua orang Samoa yang berbasis di luar negeri muncul di sini? Apa gunanya hal ini bagi pemerintah, atau bagi siapa pun?

Kita bisa terima kalau mungkin Perdana Menteri Tuilaepa ingin memanfaatkan daya tarik orang-orang Samoa yang sukses untuk membantu pembangunan bangsa kita. Kita mengerti.

Tetapi orang-orang Samoa yang tinggal di luar negeri bukan hanya terdiri dari nama-nama besar yang kita lihat di Hollywood, lapangan-lapangan olahraga, dan di layar lebar.

Bagaimana dengan orang Samoa yang terkenal karena kejahatannya?

Ketika kita berbicara tentang orang-orang Samoa berbasis di luar negeri, kita berbicara tentang semua orang yang adalah orang Samoa. Ini termasuk pembuat onar dan penjahat, banyak dari mereka akhirnya dikirimkan kembali ke Samoa.

Sekarang, berbicara tentang register, mengapa kita tidak memiliki register untuk para penjahat yang dikirim kembali ke Samoa terlebih dahulu? Sejauh yang bisa kita lihat, banyak dari mereka yang baru saja tiba dibiarkan masuk ke masyarakat tanpa ada yang memperingatkan orang-orang lokal di sini tentang apa latar belakang mereka.

Register kedua yang harus dipertimbangkan oleh pemerintah adalah daftar untuk semua pengusaha tidak jujur yang datang ke Samoa, menjanjikan seluruh dunia, dan kemudian melarikan diri.

Kita telah menyaksikan sendiri beberapa dari mereka beraksi, dan mereka terus muncul dari waktu ke waktu. Justru Pemerintah Samoa perlu melakukan pekerjaan yang membosankan untuk memeriksa orang-orang ini dan menempatkan mereka di sebuah register, sehingga kita bisa menjauhi and mengusir mereka.

Adapun gagasan untuk mendaftarkan semua orang Samoa yang tinggal di luar negeri, ini tentu saja adalah ide yang menarik, jika pemerintah ingin lebih banyak melibatkan mereka dalam urusan negara ini. Tetapi apakah ini benar-benar diperlukan? Dan apakah ini cara terbaik untuk membelanjakan uang rakyat?

Selain itu, apakah ide Tuilaepa ini benar-benar tentang mengakui kontribusi mereka atau apakah ini lahir dari paranoianya, mengingat semua permasalahan yang telah kita lihat terjadi dalam beberapa tahun terakhir akibat orang Samoa di luar negeri?

Mata’afa Keni Lesa adalah salah satu editor untuk Samoa Observer. (Samoa Observer)


Editor : Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top