Follow our news chanel

Regulasi pemerintahan masyarakat adat, tinggal tunggu perdasus

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Sentani, Jubi – Dalam melaksanakan sistem pemerintahan masyarakat adat di Kabupaten Jayapura sudah sangat jelas, karena didukung dengan regulasi berupa Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Bupati (Perbup) serta surat Keputusan Bupati Jayapura.

Penegasan ini disampikan Staf Ahli Bidang Adat dan Kemasyarakatan Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR), Bahrun Syah, saat ditemui di Sentani, Selasa (23/10/2018).

“Sebenarnya sudah jelas dalam UU no 6 tahun 2014 yang mengatur tentang desa, lalu Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui SK Bupati no 319 tahun 2014 tentang Sembilan Wilayah adat, SK Bupati no 320 tahun 2014 tetang penetapan 36 calon kampung adat, serta Perda no 8 tahun 2016 tentang kampung adat,” jelasnya.

Dikatakan, tidak semua kabupaten di Indonesia yang cepat menanggapi kondisi masyarakat adat di daerah masing-masing, seperti yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Jayapura.

Kendati demikian, menurutnya, untuk Perdasus yang sementara disusun oleh Pemerintah Provinsi Papua guna mendukung regulasi yang telah dibuat oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura tinggal dilakukan koordinasi dan komunikasi yang intens.

“Kita berharap agar perdasus diselesaikan dengan cepat sehingga memperkuat regulasi di tingkat bawah, karena di tahun 2016 sudah disepakati bersama gubernur,” katanya.

Loading...
;

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, mengatakan khusus Perdasus Kampung Adat memang sedang dalam pembahasan oleh DPR Papua.

“Untuk Perdasus sebenarnya masih dalam tahapan pembahasan item-item yang harus disesuaikan dengan kondisi di masing-masing kampung. Kepastiannya nanti bulan November. Kita juga berterima kasih kepada pemerintah provinsi yang terus pro aktif terkait hal ini. Oleh sebab itu, kemarin dalam diskusi nasional pihak provinsi juga turut ambil bagian untuk memastikan apa yang akan disinergikan. Lambat tetapi pas untuk peruntukannya akan lebih baik tetapi jangan terlalu lambat juga,” ujar Bupati Awoitauw. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top