TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

Remaja India yang hilang disebut telah ditangkap tentara Cina

Papua penculikan
Ilustrasi penculikan. -pojoksatu.id

Papua No. 1 News Portal | Jubi

New Delhi, Jubi – Kementerian pertahanan India mengatakan pada seorang pemuda India bernama Miram Tarom yang hilang dilaporkan ditangkap oleh militer Cina. Pemuda berusia 17 tahun itu hilang di dekat perbatasan kedua negara tersebut.

Pernyataan kementerian pertahanan India di akun twitter dikutip Antara dari Reuter, kamis, (20/1/2022) menyebutkan tentara India telah menghubungi mitranya dari Cina untuk menemukan dan mengembalikan remaja tersebut.

Baca juga : Filipina datangkan rudal supersonik Brahmos menopang pertahanan di laut Cina selatan
Cina ekspor kapal perang terbesar dan anggih ke Pakistan
Pertemuan G7 diwarnai kepanikan saat delegasi India diketahui positif Covid-19

Dalam cuitan terpisah, Tapir Gao, seorang anggota parlemen untuk Negara Bagian Arunachal Pradesh di India timur laut tempat Tarom tinggal, mengatakan remaja itu diduga diculik pada Selasa (18/1/2022), sementara seorang temannya melarikan diri dan memberi tahu pihak-pihak berwenang India.

Kementerian luar negeri Cina belum bisa dihubungi untuk dimintai komentar. Tercatat India dan Cina sering bentrok terkait perbatasan Himalaya yang panjang dan disengketakan. Cina mengeklaim keseluruhan Arunachal Pradesh sebagai bagian dari wilayah Tibet miliknya.

Sedangkan pertempuran di lembah Galwan pada 2020 menewaskan sedikitnya 20 tentara India dan empat tentara China.

Ada beberapa kejadian warga sipil India yang hilang di dekat perbatasan dalam beberapa tahun terakhir, yang sering dikatakan New Delhi sebagai upaya penculikan oleh Cina. Meski Beijing membantah tuduhan itu. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us