Renang ukir sejarah baru, PRSI Papua ingin lakukan pembinaan

Papua
1500 M gaya Bebas Putra Final.Kolam Renang Arena Akuatik Kampung Harapan,Kabupaten jayapura.Kamis,14/10/2021. ( Foto. PB PON XX PAPUA/MUH.ALWI )

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pengurus Provinsi Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Papua berharap adanya pembinaan jangka panjang untuk mencetak atlet-atlet potensial, mengingat kesuksesan yang telah diraih pada pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX.

Dalam ajang PON XX, renang Papua berhasil membuat sejarah baru dengan meraih 1 medali emas, 4 perak dan 1 perunggu serta pemecahan rekor baru di nomor 200 meter gaya punggung putra, yang dibukukan oleh perenang nasional, Farrel Armandio Tangkas.

Sekretaris Umum PRSI Papua, Prof. Saharudin Ita mengatakan dengan pencapaian tersebut dan keberadaan venue internasional Akuatik di Kampung Harapan Sentani, Kabupaten Jayapura, pembinaan olahraga renang di Papua bisa berjalan.

Hal tersebut menurutnya agar prestasi bisa kembali diraih pada perhelatan PON XXI berikutnya di Aceh – Sumatera Utara.

“Kalau kita dulunya itu beralasan kita tidak punya fasilitas yang standar, sekarang dengan adanya venue akuatik itu kan sudah harus bisa mencetak atlet sendiri. Oleh karena itu kita berharap dengan selesainya PON XX ini kita tidak boleh terlalu bereuforia tetapi kita sudah harus menjalankan pembinaan mulai dari sekarang,” kata Saharudin.

“Karena perlu diingat bahwa tidak sama dengan saat kita menjadi tuan rumah sendiri. Karena kita menjadi tamu harus melalui babak kualifikasi, itu pun kalau lolos apakah kita bisa mendapatkan medali. Itu sebabnya sudah harus ada pembinaan mulai sekarang ini,” jelasnya.

Ia menambahkan, prestasi yang diraih oleh atlet-atlet PRSI Papua di PON XX sudah terbilang luar biasa karena mampu mempersembahkan 7 medali, termasuk 1 medali emas juga dari loncat indah. Hal tersebut kata dia, baru pertama kali dicatatkan oleh PRSI Papua selama mengikuti ajang PON.

Loading...
;

“Di PON XX kemarin itu kan yang tidak dapat medali sama sekali itu kan hanya renang artistik. Lainnya semua dapat medali. Itu luar biasa menurut saya, ketika jadi tuan rumah memang kompensasinya harus dapat medali emas. Target kita sebelumnya, kita menargetkan bisa mendapatkan medali emas dari Farrel di renang,” pungkasnya.

Sementara itu, Farrel Tangkas yang memperkuat Papua mengatakan, targetnya bersama kontingen Papua memang ingin mendapatkan medali emas. Dan target tersebut berhasil ia raih.

“Saya bergabung dengan kontingen Papua sejak tahun 2019. PON XX menjadi PON pertama saya. Di SEA Games 2019 saya mendapat medali perak, lalu di Asean School Games 2019 juga saya memperoleh dua emas. Saya pemegang rekor nasional di 200 meter gaya punggung putra tahun 2019,” kata Farrel. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top