Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Rencana pemerintah Samoa blokir Facebook berbahaya

Perdana Menteri Samoa, Tuilaepa Dr. Sa’ilele Malielegaoi. - Samoa Observer

| Papua No.1 News Portal | Jubi

Apia, Jubi – Rencana Pemerintah Samoa untuk memblokir media sosial Facebook di negara itu menjelang Pemilihan Umum tahun depan bukan hanya ‘berbahaya, itu juga melanggar HAM terkait kebebasan berpendapat.

Itulah peringataan seorang pakar media sosial ketika dimintai pendapatnya mengenai laporan bahwa pemerintah Perdana Menteri Samoa, Tuilaepa Dr. Sa’ilele Malielegaoi, sedang berupaya untuk memboikot situs itu di Samoa.

Rencana pemerintah Samoa blokir Facebook berbahaya 1 i Papua

Saat diwawancarai TVNZ, Jess Moloney, CEO dari Moloney & Moloney, berkata ketika pemerintah mengambil keputusan seperti itu tanpa berkonsultasi dengan anggota masyarakat, itu akan menjadi preseden yang sangat berbahaya ke depannya.

“Untuk merampas salah satu bentuk komunikasi itu menurut saya melampaui batas HAM untuk berpendapat dan untuk melakukan diskusi di tingkat masyarakat yang lebih luas,” menurut Moloney.

“Ketika ada preseden seperti ini, dimana pemerintah bisa membuat keputusan itu tanpa benar-benar melibatkan masyarakat, di situlah itu menjadi berbahaya … itu adalah pertanyaan mengenai etik.”

Dua minggu lalu, Perdana Menteri Tuilaepa kembali meninjau rekomendasi untuk melarang penggunaan Facebook. PM Tuilaepa mengungkapkan bahwa ia bosan dengan orang-orang yang menyalahgunakan situs ini untuk menyebarkan ujaran kebencian, merusak orang lain, dan menyebarkan hoaks dan fitnah mengenai pemerintah.

Loading...
;

Tuilaepa mengatakan, Pemerintah menerima banyak keluhan dari korban penyalahgunaan Facebook.

“Saran itu disampaikan oleh anggota masyarakat kepada pemerintah agar mempertimbangkan hal ini, dan kami sedang mempertimbangkan untuk memberlakukan saran itu, sama dengan beberapa negara lain,” jelas Tuilaepa. “Ini adalah akibat dari keluhan fitnah yang masih menjadi masalah besar.”

Jika pemerintah merealisasikan rencana tersebut, Samoa akan bergabung dengan Tiongkok, Iran, Suriah, dan Korea Utara yang juga melarang platform tersebut.

Tapi menurut Moloney, Facebook dan situs media sosial lainnya sangat berguna. Pakar media sosial itu juga menambahkan bahwa anggota masyarakat harus memahami perbedaan antara konten Facebook dan konten berita dari media.

Rencana Pemerintah Samoa untuk memblokir Facebook telah membagi negara itu.

Menurut pemahaman Samoa Observer, Kantor Kejaksaan Agung negara itu telah diinstruksikan untuk mempelajari bagaimana larangan tersebut dapat diimplementasikan. (Samoa Observer)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top