Follow our news chanel

Previous
Next

Rencana pendidikan militer di kampus menuai kritik

Papua, Militer
Ilustrasi pasukan militer - Pexels.com

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – Peneliti Imparsial, Hussein Ahmad mengkritik rencana Kementerian Pertahanan serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang hendak menerapkan pendidikan militer bagi mahasiswa lewat program Bela Negara. Hussein menegaskan tak semua urusan, termasuk membentuk karakter mahasiswa, bisa diselesaikan dengan cara-cara militeristik.

“Pikiran yang menyatakan semua urusan bisa diselesaikan dengan cara-cara militer ini keliru. Jika demikian cara berpikirnya lebih baik Mas Menteri Nadiem bubarkan saja kampus-kampus yang ada. Sisakan AKMIL,” kata Hussein, Selasa (18/8/2020) kemarin.

Baca juga : Paulo Freire dan hubungannya dengan situasi pendidikan di Tanah Papua

Tambrauw dalam bayang-bayang militerisme

Militer harus hentikan ketakutan di Papua

Hussein mempertanyakan urgensi dua kementerian tersebut yang ingin memasukkan kurikulum pendidikan militer bagi mahasiswa. Menurut dia, langkah tersebut tidak tepat dan mengesankan pemerintah tengah melakukan militerisasi kelompok sipil.

Loading...
;

“Jangan sampai orang menganggap pemerintah sedang melakukan upaya militerisasi sipil,” kata Hussein menambahkan.

Ia heran hampir seluruh sektor di Indonesia kini ditangani dengan cara-cara militer. Mulai dari urusan pangan, pemulihan ekonomi pandemi Covid-19, hingga penegakan hukum lewat pemberantasan terorisme diselesaikan melalui cara-cara militeristik. Termasuk sektor pendidikan yang juga jadi ‘target’ ingin dijejali oleh cara-cara militer dengan alasan membentuk karakter mahasiswa.

“Setelah urusan pangan, pandemi, pemulihan ekonomi dan bisnis, penegakan hukum melalui penanganan terorisme, kini coba masuk ke ranah pendidikan. Orang bisa menganggap pemerintah sedang melakukan upaya militerisasi sipil,” katanya.

Tercatat Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono mengungkapkan pihaknya akan menggandeng Kemendikbud untuk menerapkan pendidikan militer melalui Program Bela Negara kepada para mahasiswa. Program itu bertujuan menumbuhkan rasa cinta terhadap bangsa dan negara bagi generasi milenial. (*)

CNN Indonesia

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top