Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Rencana pindahkan Kedubes ke Jerusalem, Brazil tuai kecaman

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Kairo, Jubi – Rencana Presiden terpilih Brazil, Jair Bolsonaro, yang hendak memindahkan kedutaan besar negerinya di Israel dari Tel Aviv ke Jerusalem, menuai kecaman dari Organisasi Kerja Sama Islam (OIC). Lembaga itu mencela keputusan Presiden Brazil dan menyebut sebagai kebijakan ‘tidak sah’.

"Pernyataan tersebut adalah pelanggaran nyata terhadap hukum internasional dan semua resolusi PBB," kata OIC dalam satu pernyataan, Sabtu (3/11/2018).

Badan pan-Muslim tersebut menyeru Brazil agar mengambil posisi yang mendukung peluang mewujudkan perdamaian berdasarkan penyelesaian dua negara.

Pada Jumat (2/11/2018), Liga Arab menyeru Bolsonaro agar membatalkan keputusannya untuk memindahkan Kedutaan Besar Brazil di Israel ke Jerusalem.

Bolsonaro pada Kamis mengumumkan keinginannya untuk memindahkan kedutaan besar negerinya dari Tel Aviv ke Jerusalem segera setelah ia secara resmi memangku jabatan presiden.

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump menyulut kemarahan masyarakat dunia pada Desember lalu, setelah ia mengumumkan rencana untuk memindahkan Kedutaan Besar AS di Israel dari Tel Aviv ke Jerusalem dan mengakui kota itu sebagai ‘ibu kota Israel’ dan melaksanakan ucapannya pada awal tahun ini.

Loading...
;

Sejak itu, pemimpin Palestina di Ramallah, Tepi Barat Sungai Jordan, menolak peran penengahan oleh AS dalam proses perdamaian Timur Tengah yang dinilai hampir mati.

Jerusalem tetap menjadi inti konflik Timur Tengah. Palestina berharap Jerusalem Timur yang diduduki oleh Israel sejak perang 1967 menjadi Ibu Kota Negara Palestina Merdeka, sedangkan Israel menganggap Jerusalem adalah ‘ibu kotanya yang utuh’. (*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top