Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Resmikan perjanjian bebas visa dengan Israel, PM Samoa dikritik

Moe Lei Sam. - Samoa Observer/Misiona Simo
Resmikan perjanjian bebas visa dengan Israel, PM Samoa dikritik 1 i Papua
Moe Lei Sam. – Samoa Observer/Misiona Simo

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Apia, Jubi – Perempuan Samoa yang kritis, Moe Lei Sam, mempertanyakan mengapa Perdana Menteri negara itu, Tuilaepa Dr. Sa’ilele Malielegaoi, menandatangani perjanjian bebas visa dengan Israel, bukan dengan negara-negara tetangga mereka seperti Selandia Baru dan Australia.

“Maksud saya, Selandia Baru dan Australia adalah negara yang selalu kita kunjungi saat berlibur dan banyak alasan lainnya, terutama kita yang perlu perawatan kesehatan di luar negeri,” katanya, “mengapa kita tidak bisa memiliki kesepakatan yang serupa dengan mereka? Israel itu sangat jauh.”

Resmikan perjanjian bebas visa dengan Israel, PM Samoa dikritik 2 i Papua

Ia juga mengklaim Israel ‘bukan Tanah Suci’ karena keterlibatannya dalam berbagai perang dan konflik di Timur Tengah.

Pekan lalu, PM Tuilaepa berkunjung ke Israel dan bertemu dengan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu. Sebagai bagian dari pertemuan itu adalah penandatanganan perjanjian bebas visa untuk kedua negara.

Konsul Kehormatan (Konhor) Samoa untuk Israel, Galumalemana Nissan Krupsky, membenarkan kepada Samoa Observer kalau orang Samoa tidak lagi memerlukan visa sebelum mereka pergi ke Israel.

PM Tuilaepa memuji kemajuan itu. “Dalam beberapa bulan terakhir, pejabat dari Israel dan Pemerintah Samoa telah bernegosiasi, agar orang Samoa bisa diberikan akses bebas visa ke Tanah Suci.”

Loading...
;

Namun Lei Sam tidak setuju. “Saya hanya menyatakan pendapat, masyarakat lebih senang jika PM, setidaknya, juga mencoba dan memperjuangkan kesempatan seperti itu antara kita dan negara-negara tetangga seperti Selandia Baru dan Australia, ke mana kita biasanya pergi,” katanya. (Samoa Observer/Talaia Mika)


Editor: Kristianto Galuwo

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top