Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Retribusi kebersihan ditarik lagi mulai bulan depan

Papua
Ilustrasi tumpukan sampah - Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, JubiPenarikan retribusi kebersihan mengalami kemacetan selama pandemi Covid-19 di Kabupaten Jayapura. Petugas tidak melakukan bahkan menggratiskan penarikan selama empat bulan terakhir.

“Selama empat bulan masa pandemi Covid 19, kami tidak menarik retribusi sampah dari warga, kios maupun pertokoan. Selain sulit untuk melakukan penagihan, pemerintah daerah membebaskan masyarakat dari kewajiban retribusi tersebut,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jayapura Kris Kores Tokoro melalui telepon, Selasa (15/9/2020).

Akibat kondisi tersebut, pemasukan dari retribusi kebersihan pun anjlok. Target kontribusi untuk pendapatan asli daerah (PAD) pada tahun ini juga diturunkan, dari Rp500 juta menjadi Rp100 juta.

Retribusi kebersihan ditarik lagi mulai bulan depan 1 i Papua

Tokoro mengatakan penarikan retribusi kebersihan diaktifkan kembali mulai bulan depan. Mereka telah membidik 20 titik lokasi retribusi sebagai sumber penerimaan PAD. Dia optimistis target kontribusi sebesar Rp100 juta bakal tercapai.

Penagihan retribusi (terhadap pelanggan) sebesar Rp25 ribu (sebulan) akan dijalankan (kembali) mulai bulan depan. Ada belasan (kompleks) perumahan di wilayah perkotaan (menjadi pelanggan layanan kebersihan) sehingga target sebesar Rp100 juta pasti tercapai pada akhir tahun,” kata Tokoro.

Bupati Mathius Awoitauw pada rapat evaluasi pembangunan, pekan lalu memerintahkan setiap institusi daerah melaporkan kinerja mereka selama pandemi Covid-19, termasuk capaian PAD. “Target dikurangi (diturunkan) karena apa. Setelah PAD diturunkan, masih bisa tercapai atau tidak. Itu semua harus diperjelas (dirincikan).” (*)

 

Loading...
;

Editor: Aries Munandar

 

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top