Follow our news chanel

Revisi Perdasus 14 kursi pengangkatan akhirnya rampung

Suasana pembahasan sejumlah raperda oleh Bapemperda DPR Papua - Jubi. Dok
Revisi Perdasus 14 kursi pengangkatan akhirnya rampung 1 i Papua
Suasana pembahasan sejumlah raperda oleh Bapemperda DPR Papua – Jubi. Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPR Papua, Ignasius W Mimin mengatakan, timnya telah merampungkan pembahasan revisi Peraturan Daerah Khusus atau Perdasus nomor 6 tahun 2014 yang mengatur mekanisme pengangkatan 14 anggota DPR Papua dari lima wilayah adat.

Ini merupakan revisi kedua terhadap Perdasus tersebut. Sebelumnya kata Mimin, telah dilakukan revisi Perdasus nomor 6 tahun 2014 menjadi Perdasus nomor 7 tahun 2016.

“Kami telah merampungkan revisi Perdasus 14 kursi. Tinggal diusulkan ke Badan Musyawarah Dewan untuk mendapat persetujuan paripurna,” kata Ignasius Mimin kepada Jubi, Senin (24/6/2019).

Salah satu yang direvisi dalam Perdasus kursi pengangkatan menurut Mimin, adalah terkait tata cara rekrutmen calon anggota DPR Papua melalui mekanisme pengangkatan.

Jika pada periode 2014-2019, rekrutmen calon 14 anggota DPR Papua melalui mekanisme pengangkatan dilakukan tiga tahap, yakni melalui panitia seleksi atau pansel kabupaten/kota dan pansel daerah pengangkatan (dapeng) di setiap wilayah adat, serta pansel provinsi, ke depan keberadaan pansel dapeng sudah ditiadakan.

Menurutnya, yang ada hanya pansel kabupaten/kota dengan jumlah lima orang dan mendapat Surat Keputusan (SK) oleh bupati/wali kota, serta pansel provinsi. Pansel kabupaten/kota diberi kewenangan hanya sekadar menerima berkas para calon. Tidak seperti sebelumnya pansel kabupaten/kota menerima dan melakukan verifikasi berkas calon.

Loading...
;

Setelah pansel kabupaten/kota menerima berkas calon, langsung diserahkan ke pansel provinsi untuk diverifikasi.

“Ini untuk mempersingkat proses tahapan. Selain itu, para calon juga dapat mendaftar langsung ke pansel provinsi. Calon yang dinyatakan memenuhi syarat oleh pansel provinsi, akan direkomendasikan ke gubernur Papua untuk ditetapkan sebagai anggota DPR Papua dari mekanisme pengangkatan,” ujarnya.

Bapemperda DPR Papua menurut Mimin, hingga kini masih harus merampungkan 12 rancangan peraturan daerah lain, baik itu rancangan peraturan daerah khusus maupun rancangan peraturan daerah provinsi.

Jika telah rampung, sejumlah raperda itu akan diusulkan ke Bamus bersama revisi Perdasus 14 kursi pengangkatan untuk mendapat persetujuan paripurna.

“Kami ingin paripurna sejumlah raperda itu, terutama revisi perdasus kursi pengangkatan paling lambat dilakukan Juli 2019,” ucapnya.

Sementara, anggota Bapemperda DPR Papua, John NR Gobai mengatakan, dari 13 raperda yang dibahas pihaknya kini, sebanyak empat di antaranya merupakan usulan ekskutif. Reperda itu antara lain pergantian nama stadion Papua Bangkit, pergantian nama jembatan Holtekham Hamadi di Kota Jayapura, pergantian nama PD Irian Bhakti dan pemerintahan kampung adat.

“Tidak menutup kemungkinan dalam waktu tersisa beberapa hari ke depan, ada tambahan raperda yang kami bahas yakni tentang perlindungan terhadap buruh di Papua. Raperda ini merupakan inisiatif DPR Papua,” kata John Gobai. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top