Ribuan Foto Syur selir Thailand diduga sengaja dibocorkan

Ilustrasi pixabay.com

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – Sekitar 1.450 foto syur selir Raja Thailand Maha Vajiralongkoron, Sineenat Wongvajirapakdi bocor ke tangan seorang jurnalis asal Inggris dan aktivis anti-kerajaan. Kebocoran itu diduga sengaja dilakukan dengan dilatarbelakangi upaya perebutan kekuasaan di tubuh kerajaan.

Andrew MacGregor Marshall yang menerima ribuan foto syur perempuan yang dijuluki ‘Koi’, ia mengatakan menerima sebuah kartu penyimpanan data berisi 1.450 foto dari seorang yang tidak dikenal. Ia menduga ribuan foto-foto syur ini berasal dari tiga iPhone milik Koi.

Menurut Marshall, sebagian besar foto itu memuat gambar swafoto sang selir tanpa busana. Dia menduga Sineenat mengirimkan foto itu khusus untuk Raja Rama X. Marshall mengatakan melalui Twitter bahwa foto-foto dia terima pada Agustus lalu, tidak lama setelah Sineenat dibebaskan dari penjara perempuan di Bangkok.

Baca juga : Warga Thailand protes pemblokiran situs porno

Raja Thailand sering ke Jerman saat protes melanda negaranya, ini pernyataan Berlin

Demonstran Thailand kepung markas tentara pengawal raja

Loading...
;

Dia mengatakan alamat pengirim kartu memori itu palsu. Namun, di dalamnya berisi surat yang mengklaim pengirimnya adalah peretas Thailand yang bertentangan dengan kerajaan.

Marshall yang kerap mengamati perpolitikan Negeri Gajah Putih tidak meyakini hal itu. Dia menduga skandal itu terjadi akibat ada upaya perebutan kekuasaan di tubuh kerajaan yang melibatkan Permaisuri Suthida dan Koi.

“Foto-foto itu nampaknya memang berasal dari ponsel pribadi Koi (julukan Sineenat). Sebagian besar foto itu sepertinya dia ambil sendiri, dan banyak juga yang memperlihatkan muatan cabul. Nampaknya dia mengambil sendiri foto itu untuk kemudian diberikan kepada Vajiralongkorn,” kata Marshall, seperti dilansir dari Euro Weekly News.

Selain Marshall, foto serupa juga diterima oleh akademisi Thailang yang kini menetap di Jepang, Pavin Chachavalpongpun.

Pavin juga merupakan seorang aktivis yang sedang menghadapi tuntutan pidana di Thailand atas kritiknya terhadap monarki kerajaan. Mengutip The Times, ribuan foto Sineenat yang bocor kemungkinan diambil antara 2012 hingga 2014.

Raja Vajiralongkorn mencabut seluruh gelar Sineenat beberapa waktu lalu, dan menjebloskannya ke penjara. Saat itu dilaporkan, Sineenat disebut tidak setia dan ingin mendapat kedudukan yang setara dengan Permaisuri Suthida, yang merupakan istri keempat raja.

Namun Raja Vajiralongkorn memutuskan mengampuni Sineenat dan mengembalikan seluruh gelarnya. Setelah itu, Sineenat dikabarkan terbang ke Jerman untuk menemani Raja Vajiralongkorn.

Marshall mengatakan jika banyak abdi dalem istana kerajaan Thailand yang mendukung Permaisuri Suthida dan Putri Bajrakitiyabha keberatan dengan pembebasan Sineenat. Selain itu, diduga skandal foto syur itu adalah upaya untuk melakukan sabotase terhadap sosok Sineenat. (*)

CNN Indonesia

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top