TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

Ribuan masyarakat Yahukimo minta pembebasan Victor Yeimo

Papua
Suasana Demo di bebaskan Victor Yeimo tanpa Syarat di Yahukimo Senin (16/7/2021)- Jubi/Piter Lokon
Papua No. 1 News Portal | Jubi

Dekai, Jubi – Aksi damai ribuan rakyat Yahukimo Papua meminta tanpa syarat Juru Bicara Internasional KNPB, Victor Yeimo berlangsung di Kota Dekai, Yahukimo, papua, Senin (16/8/2021).

Ruben Wakla koordinator lapangan (Korlap) aksi damai ‘bebaskan Victor Yeimo’ mengatakan aksi hari ini adalah demo khusus meminta penegak hukum membebaskan Victor Yeimo.

“Demo hari ini dimediasi KNPB Wilayah Yahukimo dan 111 organisasi yang tergabung dalam petisi rakyat Papua menyatakan sikap bahwa hari ini demo nasional melawan rasisme, pembebasan Victor Yeimo serta menuntut hak penentuan nasib sendiri di teritori West Papua,” kata Ruben Wakla Koordinator lapangan (Korlap) kepada Jubi di Dekai Yahukimo, Senin (16/8/2021).

Untuk menindak lanjuti aspirasi rakyat Yahukimo Papua dalam aksi damai itu, pihaknya sudah menyerahkan aspirasi ke Dewan Perwakilan rakyat daerah (DPRD) Kabupaten Yahukimo untuk diteruskan ke provinsi dan ke pusat. Dan jika aspirasi tidak diterima, Ruben mengaku siap memenuhi semua polres dan tahanan di seluruh Indonesia.

“Untuk itu kami mendesak kepada semua pihak, Solidaritas Internasional dan semua yang bicara kemanusiaan untuk perhatikan kondisi Victor Yeimo pemimpin kami hari ini yang ada di penjara dan tidak memungkinkan kesehatannya dan serta segera dibebaskan tanpa syarat,” harap Ruben.

Baca juga: Victor Yeimo sakit di sel tahanan Brimob Polda Papua

Juru Bicara KNPB Yahukimo, Melgy Giban mengatakan mobilisasi dan turun aksi adalah demi victor Yeimo karen victor adalah milik semua orang Papua dari sorong sampai Merauke.

“Victor milik seluruh rakyat Papua maka rakyat Yahukimo meminta segera bebaskan Victor,” katanya.

Massa aksi berencana akan menuju ke kantor dewan perwakilan rakyat (DPRD) yahukimo untuk menyampaikan aspirasinya, namun tak jadi dikarenakan situasi berubah memanas di beberapa titik kumpul massa aksi. Massa aksi mendesak DPRD turun di lapangan aksi untuk menerima aspirasi dari masa pendemo bebaskan Victor Yeimo.

Ketua DPRD Yahukimo Marfin Mirin didampingi Wakil Ketua I Nehemia Elopore dan 7 anggota DPRD saat menerima aspirasi mengatakan DPRD sebagai wakil rakyat dan dipercayakan dari suara rakyat yang ada di lembaga DPRD punya fungsi menerima dan meneruskan aspirasi rakyat Yahukimo.

“Kami dari lembaga dewan perwakilan rakyat kabupaten Yahukimo yang mempunyai tugas selain diatur dalam undang-undang diatur dalam tatib yaitu menerima, mendengar dan meneruskan serta menindak lanjuti. Kami sudah mendengar dan akan meneruskan sesuai dengan mekanisme yang ada di dewan,” kata Marfin Mirin Ketua DPRD Yahukimo.

Selain itu ketua DPRD Yahukimo Juga meminta kepada masa pendemo untuk menjaga keamanan dan ketertiban. Serta untuk menindak lanjutinya kewenangan ada di provinsi maka akan diteruskan.

Victor Yeimo merupakan Juru Bicara Internasional KNPB dan Petisi Rakyat Papua (PRP) tolak otonomi khusus jilid II. Ia ditangkap di Kota Jayapura pada 9 Mei 2021 lalu, saat Kota Jayapura dan sekitarnya mengalami pemadaman internet selama satu bulan.(*)

Editor: Angela Flassy

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us