Follow our news chanel

Ribuan pencari kerja di Jayawijaya ajukan permohonan kartu kuning

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Wamena, Jubi – Dibukanya penerimaan Calon Aparatur Sipil negara (CASN) di seluruh Indonesia, mendorong masyarakat berbondong-bondong mengurus berbagai persyaratan administrasi. Salah satunya adalah kartu kuning atau kartu pencari kerja yang dikeluarkan oleh Dinas Tenaga Kerja setempat.

Kepala dinas tenaga kerja, perindustrian dan perdagangan Jayawijaya, Semuel Munua mengatakan, sejak tiga bulan terakhir, Dinas Tenaga Kerja mencatat pengajuan pembuatan kartu kuning dari masyarakat mencapai dua ribu lebih.

“Hingga kini sudah dua ribuan orang yang datang urus ke dinas,” katanya kepada wartawan di kantor bupati Jayawijaya, Rabu (17/10/2018).

Menurutnya, sejauh ini tak ada kendala yang dihadapi Dinas dalam pembuatan kartu kuning. Hal ini karena Dinas Tenaga kerja  sudah memprediksi sejak jauh hari sehingga berbagai persiapan sudah dilakukan untuk memudahkan masyarakat. Berdasarkan pemantauan, mayoritas masyarakat yang datang mengurus kartu pencari kerja merupakan orang asli Papua.

“Sebelumnya staf sudah antisipasi lonjakan pencari kerja, dimana sudah cetak kartunya tinggal tulis nama saja sehingga tidak terlalu menghambat,” katanya.

Untuk persyaratan sendiri, kata Munua, pencari kerja cukup  membawa KTP sesuai dengan domisili dan ijazah.

Loading...
;

“Untuk dari kabupaten lain yang mendaftar kurang tahu persis, tetapi untuk pencari kerja ini khusus untuk masyarakat di Jayawijaya,” ujar dia.

Sebelumnya sekretaris daerah Jayawijaya, Yohanes Walilo mengungkapkan jika untuk penerimaan CASN tahun ini masih menunggu petunjuk teknis dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

“Memang dari hasil pertemuan gubernur dengan Presiden disetujui untuk tes secara manual, namun untuk melaksanakan itu masih menunggu kepastian dari Menteri PAN-RB,” katanya. (*)

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top