Follow our news chanel

Previous
Next

Ribuan sekolah di kabupaten kupang rusak

Ilustrasi, pixabay.com
Ribuan sekolah di kabupaten kupang rusak 1 i Papua
Ilustrasi, pixabay.com

Data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat menyebutkan kondisi keuangan yang terbatas pemerintah daerah tidak bisa memperbaiki seluruh ruangan sekolah yang rusak.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Kupang, Jubi – Sekitar 1.900 ruangan sekolah dasar maupun sekolah menengah pertama yang tersebar di 172 desa dan kelurahan di 24 kecamatan di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, rusak. Data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat menyebutkan kondisi keuangan yang terbatas pemerintah daerah tidak bisa memperbaiki seluruh ruangan sekolah yang rusak.

“Contohnya pada tahun 2019 alokasi anggaran pemerintah daerah untuk perbaikan bangunan sekolah yang rusak hanya mencakup perbaikan 80 ruangan,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kupang, Imanuel Buan, saat peresmian perbaikan SDN Bimous di Kecamatan Amarasi Timur, Senin, (24/2/2020).

Baca juga : Banjir di daerah ini merusak 19 gedung sekolah  

Sekolah darurat anak pengungsi Nduga di Wamena sudah rusak

Mabuk dan Rusak Fasilitas Sekolah, Siswa SMKN I Merauke Dilaporkan ke Polisi

Loading...
;

Imanuel menjelaskan, pemerintah daerah selama ini hanya bisa mengandalkan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat untuk memperbaiki bangunan sekolah yang rusak.

“Tahun lalu kami dapat DAK sekitar Rp80-an miliar dan pada 2020 ini juga sekitar itu sehingga memang masih sulit untuk pembenahan menyeluruh,” kata Imanuel.

Sedangkan untuk perbaikan sekolah rusak akhirnya pemerintah daerah mendapat bantuan dari lembaga nirlaba. Tercatat tahun lalu juga mendapat bantuan dari LPM2, sedangkan tahun ini TX Foundation.

“Jadi pelan-pelan, kita berdoa dan berharap ada bantuan lain ke depan untuk mengatasi keterbatasan di daerah ini,” katanya. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top