Follow our news chanel

Ribuan warga Wamena telah dievakuasi ke Jayapura

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Danlanud) Silas Papare Jayapura, Marsekal Muda Tri Bowo Budi Santoso - Jubi/Arjuna Pademme.
Ribuan warga Wamena telah dievakuasi ke Jayapura 1 i Papua
Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Danlanud) Silas Papare Jayapura, Marsekal Muda Tri Bowo Budi Santoso – Jubi/Arjuna Pademme.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Danlanud) Silas Papare Jayapura, Marsekal Muda Tri Bowo Budi Santoso mengatakan hingga Sabtu (28/9/2019), sebanyak 1.500 warga Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya telah dievakuasi ke Jayapura.

Ribuan warga itu meminta dievakuasi pasca-demonstrasi yang diwarnai aksi amuk massa di Kota Wamena pada 23 September 2019.

“Yang mengungsi di Lanud ada 106 pengungsi. Sabtu pagi sudah berangkat 12 orang ke Makassar, Sulawesi Selatan. Setelah ini kami bagi ke Batalyon Rider 751. Jumat malam, masuk sekitar 50 orang ke Batalyon dan Sabtu siang kurang lebih 150 orang. Kalau nanti Batalyon tidak cukup menampung akan ke Rindam. Kalau Rindam penuh kita cari cara lain,” kata Tri Bowo Budi Santoso, Sabtu (28/9/2019).

Pihakya hanya menampung sementara warga Wamena yang dievakuasi ke Jayapura. Jika ada di antara warga tersebut ingin tinggal bersama keluarganya di Jayapura atau kembali ke kampung halaman, akan dipersilakan.

“Kalau tidak kami tampung sementara di sini. Namun kapasitas kami di sini juga terbatas,” ujarnya.

Katanya, pihaknya masih fokus mengevakuasi warga dari Wamena ke Jayapura. Hingga kini sebanyak tujuh ribu warga yang mendaftar untuk dievakuasi. Dalam sehari, pesawat Hercules milik TNI melakukan tiga kali penerbangan Wamena-Jayapura untuk mengevakuasi warga.

Loading...
;

“Kami akan optimalkan empat kali penerbangan setiap hari, tapi semua tergantung cuaca,” ujarnya.

Dalam beberapa hari terakhir, tersisa satu pesawat Hercules milik TNI yang melakukan evekuasi. Sementara satu lainnya kembali ke Pulau Jawa menjalani perawatan. Untuk itu, TNI mengirim dua tambahan pesawat Hercules dari Malang untuk membantu evakuasi.

“Kalau ada pengungsi mau pulang ke kampungnya, bisa saja diangkut menggunakan Hercules ketika bertepatan dengan jadwal pemeliharaan pesawat. Misalnya saat satu pesawat Hercules beberapa hari kembali untuk perawatan, itu membawa sekitar 200 pengungsi,” ucapnya.

Salah satu pengungsi yang kini berada di Lanud Silas Papare Jayapura, Abdullah Sihanudin (40) berharap pemerintah membantu warga yang ingin kembali ke kampung halaman saya.

Ia mengatakan, jika mesti menunggu pesawat Hercules milik TNI untuk mengangkut warga yang ingin kembali ke kampung halaman, butuh waktu karena kini ada sebanyak tujuh ribu warga di Wamena akan dievakuasi ke Jayapura.

“Mau berapa (kali penerbangan) pesawat lagi yang mau ke Wamena. Mungkin diangsur dulu, yang sudah di Jayapura diantar ke kampung halamannya dulu kalau ada yang mau pulang,” kata Abdullah. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top