Ridwan Rumasukun terima tugas jadi Plt Sekda Papua

Dualisme Sekda Papua
Prosesi penyerahan tugas Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Provinsi Papua kepada Ridwan Rumasukun pada Rabu (14/7/2021). - Jubi/Alex

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Asisten Bidang Umum Papua, M Ridwan Rumasukun dipercayakan oleh Gubernur Papua Lukas Enembe untuk menerima tugas Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Provinsi atau Sekda Papua yang selama ini dijabat oleh Dance Yulian Flassy. Penyerahan tugas Pelaksana Tugas Sekda Papua kepada Rumasukun berlangsung di Kota Jayapura, Rabu (14/7/2021).

Acara penyerahan tugas Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Papua kepada Rumasukun itu dipimpin oleh Lukas Enembe. Acara itu dihadiri jajaran pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi Papua. Akan tetapi, Dance Yulian Flassy yang masih berstatus Sekda Papua tidak menghadiri acara itu.

Meskipun pada Selasa (13/7/2021), beredar foto surat undangan pelantikan Plt Sekda Papua, akan tetapi acara pada Rabu disebut-sebut bukan merupakan acara pelantikan Plt Sekda Papua. Acara itu hanya disebut-sebut sebagai acara penyerahan tugas Plt Sekda Papua kepada kepada Rumasukun. Padahal lazimnya penunjukan Plt Sekda Papua diresmikan dengan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan. 

Baca juga: Besok Gubernur dijadwalkan melantik Plt Sekda Papua

Enembe menegaskan alasannya menujuk Rumasukun sebagai Plt Sekda Papua, kendati Dance Yulian Flassy masih berstatus Sekda Papua definitif. “Dia [Dance Yulian Flassy] sudah melampaui kewenangan Gubernur. Makanya tugas Sekda diserahkan ke Pak Ridwan selaku Plt, sampai menunggu SK definitif dari Menteri Dalam Negeri,” tegas Enembe.

Enembe berharap Ridwan Rumasukun bisa menjalankan tugas yang dipercayakan dengan tetap berkoordinasi dengan pimpinan. Enembe mengingatkan seorang Sekda tidak boleh berbicara politik. “Itu bukan kewenangan kamu, kecuali kalau saya [selaku Gubernur] berikan mandat,” sambungnya.

Enembe menyatakan ia tetap menghargai Flassy yang telah menjalankan tugasnya sebagai Sekda Papua. “Kami hargai Pak Dance yang sudah menjalankan tugas selama 3 bulan di Pemerintah Provinsi dengan melepas secara hormat. Disamping itu, Pak Dance juga sudah mendekati purna tugas. Makanya saya sudah menyurat ke Presiden, memberitahu saya tidak memperpanjang masa tugasnya,” ujar Enembe.

Loading...
;

Lukas Enembe menambahkan, selama dirinya masih menjabat sebagai Gubernur, maka semua komando tugas birokrasi ada di bawah kendali Ridwan Rumasukun.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top