Follow our news chanel

Roger Malapa, Ilmuwan agrikultur Vanuatu wafat

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi – Dr Roger Malapa meninggal di Kaledonia Baru minggu ini setelah berjuang melawan Kanker di usia 46 tahun. Dialah orang Vanuatu pertama dengan PHD science yang kemudian menjadi salah satu ilmuwan Pasifik paling terkenal di bidang agricultural.

Lahir dan dibesarkan di Malekula, dia mempelajari ilmu genetika di Kaladonia Baru. Saat itulah dia, menurut Vincent Lebot, ilmuwan Vanuatu yang sejak lama menjadi temannya, menyadari memiliki ‘bakat yang luar biasa’.

Dr Malapa lalu mendapatkan beasiswa studi PhD di Universitas Rennes di Perancis.

DI bulan Mei 2005, dia mendapatkan PhDnya dan kembali ke Vanuatu sebagai orang pertama Vanuatu dengan gelar PhD di science. “Waktu itu mendapatkan gelar itu tentu saja sangat luar biasa,” kata Dr Lebot. “Dia memang orang yang sangat luar biasa.”

Dr Malapa memulai karirnya dengan institut penelitian nasional di negeri itu dimana dia menjadi ahli tanaman, mengembangbiakkan varietas-varietas tanaman baru tradisional Pasifik. Pria berkarakter hangat dan suka humor itu telah menciptakan ratusan varietas tanaman yang tersebar di seluruh Pasifik.

Oleh sebab itu dia memiliki reputasi yang baik atas kemauan dan ambisinya menyebarluaskan pengetahuan dan keahliannya.

Loading...
;

“Apa yang telah diwariskan Roger sebenarnya adalah ratusan hibrida baru yang diciptakan dan didistribusikan diseluruh Vanuatu kepad apara petani, dan hibrida-hibrida ini sekarang berkontribusi pada adaptasi perubahan iklim,” kata Dr Lebot.

Dr. Malapa meninggalkan harta karun berupa penelitian dan artikel-artikel jurnal ilmiah, juga ratusan varietas tanaman yang berdaya tahan. Dr Malapa telah ‘membuka jalan’ dan meninggalkan jejak bagi generasi masa depan Vanuatu.

“Yang paling penting dia telah buktikan bahwa meskipun berasal dari Kampung kecil seperti Malekula, tidak ada satupun alasan untuk membatasi cita-cita,” kata Lebot.(*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top