Follow our news chanel

Previous
Next

Rongsokan pesawat tempur ditemukan di Teluk Wondama

Pesawat Mitsubishi A6M Zero - aviation-history.com
Rongsokan pesawat tempur ditemukan di Teluk Wondama 1 i Papua
Mitsubishi A6M Zero – aviation-history.com.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Tim Peneliti Balai Arkeologi Papua menemukan bangkai pesawat tempur Jepang semasa Perang Dunia II di Selat Numamura, Kabupaten Teluk Wondama. Ini merupakan penemuan terbaru mereka, dan bekerja sama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian Pengembangan Daerah Teluk Wondama.

“Pesawat ditemukan pada kedalaman 20 meter (dari permukaan laut). Kondisinya sudah tidak utuh, tetapi masih bisa dikenali jenisnya, yakni pesawat tempur Jepang, Mitsubishi A6M Zero,” kata Peneliti Balai Arkeologi Papua Hari Suroto, Rabu (20/11/2019).

Mitsubishi A6M Zero merupakan pesawat tempur andalan Angkatan Laut Jepang semasa Perang Pasifik atau Perang Dunia II. Jenis pesawat tersebut paling banyak diproduksi Jepang pada era 1940an.

Skuadron Mitsubishi A6M Zero berbasis pendaratan pada kapal induk. Kemampuan jelajah dan daya rusaknya terkenal canggih di zamannya. Di pengujung Perang Dunia II, pesawat ini dijadikan sebagai armada kamikaze (serangan bunuh diri) terhadap sekutu.

Peninggalan Perang Dunia II banyak ditemukan di sejumlah wilayah perairan maupun daratan Papua. Itu menjadi salah satu daya tarik pariwisata.

“Penyelaman di Selat Numamura di Pulau Roon menawarkan sensasi penelusuran bangkai pesawat Perang Dunia II atau wreck diving. Penyelamannya harus pada siang hari karena berkaitan pantulan cahaya matahari dan kondisi arus laut di kedalaman 20 meter,” kata Hari (*)

Loading...
;

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top