Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

RS Dian Harapan tetap layani pasien umum

RS Dian Harapan di Kota Jayapura – Jubi/Dok. RSDH
RS Dian Harapan tetap layani pasien umum 1 i Papua
RS Dian Harapan di Kota Jayapura – Jubi/Dok. RSDH

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – RS Dian Harapan di Waena Kota Jayapura hingga kini bukan berstatus sebagai rumah sakit khusus Covid-19 dan masih melayani pasien umum.
Hal ini disampaikan Direktur RS Dian Harapan, dr. Ance Situmorang, seperti tertuang dalam siaran pers yang diterima Jubi, Rabu (29/4/2020).

Pernyataan ini sekaligus klarifikasi berita di Jubi edisi Jumat (24/4/2020) yang meyebutkan bahwa RS Dian Harapan akan menjadi rumah sakit khusus pasien Covid-19.

RS Dian Harapan tetap layani pasien umum 2 i Papua

“Ini dikarenakan banyaknya permintaan dari masyarakat untuk tetap dibuka layanan untuk pasien umum, terutama masyarakat di wilayah Waena dan sekitarnya serta Kota Jayapura, Sentani, dan Keerom,” jelas dr Ance Situmorang.

Manajemen RS Dian Harapan, sambungnya, telah menyampaikan kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua untuk membatalkan rencana menjadikan RS Dian Harapan sebagai salah satu rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Papua, sehingga sampai saat ini RS Dian Harapan tetap terbuka untuk pelayanan umum atau non Covid-19.

Dr Ance Sotumorang menandaskan RS Dian Harapan tetap mendukung program Pemerintah Provinsi Papua untuk penanganan pasien Covid-19 dengan merencanakan penyediaan 30 tempat tidur isolasi rawat inap, dimana akses pasien Covid-19 dan bukan Covid-19 dibuat terpisah, agar menghindari orang yang sehat kontak langsung dengan orang yang sakit.

“Hal ini sejalan dengan Surat Keputusan Gubernur Papua Nomor 188.4/138/Tahun 2020 tanggal 26 Maret 2020 tentang Penetapan RS Rujukan Covid-19 di Provinsi Papua yang berisi 16 nama rumah sakit yang menjadi RS Rujukan Covid-19. Dalam SK Gubernur tersebut, RS Dian Harapan ditetapkan sebagai RS Rujukan Pendamping bukan sebagai RS Rujukan Utama, sehingga kami masih tetap menerima pelayanan pasien umum bukan Covid-19,” katanya.

Loading...
;

RS Dian Harapan sebagai RS swasta Katolik di Kota Jayapura, memiliki misi menjadi rumah sakit yang mandiri dan berkualitas dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Kota Jayapura pada khususnya dan Papua pada umumnya.

Dalam mewujudkan misi ini maka RS tetap melayani masyarakat yang datang berobat dengan masalah kesehatan umum (bukan Covid-19 ) tanpa perlu takut dan cemas.

Sebelumnya diberitakan, Rumah Sakit Dian Harapan di Kota Jayapura akan menjadi rumah sakit khusus Covid-19. Rumah Sakit Dian Harapan akan mendukung Rumah Sakit Umum Daerah Jayapura yang telah ditetapkan menjadi rumah sakit pusat rujukan Covid-19 di Provinsi Papua

Hal itu disampaikan juru bicara Satuan Tugas Covid-19 Papua, dr Silwanus Sumule, SpOG di Jayapura, Jumat (24/4/2020).

“Besok kami akan bertemu dengan manajemen RS Dian Harapan untuk melanjutkan pembicaraan tentang seluruh pelayanan Covid-19 di RS di Dian Harapan,” kata Sumule.

Menurutnya, RS Dian Harapan akan digunakan untuk merawat pasien dalam pengawasan (PDP) dan pasien positif Covid-19 yang dalam kondisi sakit ringan sampai sedang. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura nantinya akan menangani pasien Covid-19 dengan kondisi sakit berat.

“Untuk kasus yang berat, kita akan tetap mendorong untuk dirujuk ke RSUD Jayapura, karena dari sumber daya manusia, peralatan, dan kesiapannya mampu menangani kasus yang berat,” kata Sumule.

RS Dian Harapan mempunyai 166 tempat tidur. Menurut Sumule, dalam pembicaraan awal dengan pihak manajemen RS Dian Harapan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua telah menyampaikan rencana untuk menggunakan 100 tempat tidur untuk merawat PDP dan pasien positif Covid-19. Sejumlah 66 tempat tidur sisanya dipersiapkan untuk petugas kesehatan yang merawat para PDP dan pasien positif Covid-19.

“Kalau kasus meningkat, maka petugasnya akan dipindahkan ke beberapa penginapan, sehingga seluruh tempat tidur yang ada di sana dapat digunakan untuk perawatan Covid. Semoga [rencana itu] sudah dapat beroperasi mulai minggu depan,” kata Sumule. (*)

Editor: Admin Jubi

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top