RSUD Abepura dua bulan kehabisan stok obat

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1
 

Jayapura, Jubi – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abepura kehabisan stok obat-obatan sejak dua bulan terakhir, sehingga memberikan resep obat kepada pasien untuk dibeli di apotik.

Demikian disampaikan Kepala Seksi Rekam Medik RSUD Abepura Martinus Wuka kepada wartawan, Selasa (25/4/2017).
 
"Obat-obatan dasar seperti amoxsilin, paracetamol, albenason, dan antibiotik tidak ada sama sekali," katanya.
 
Kondisi tersebut, kata Wuka, sudah disampaikan kepada Direktur RSUD Abepura, belum ada tanggapan.
 
"Jangankan pasien orang Papua yang dikatakan berobat gratis, obat saja tidak ada bagaimana mau digratiskan, akhirnya masyarakat yang datang hanya mendapatkan resep dokter dan membelinya di luar," ujarnya.
 
Selain kelangkaan obat-obatan, RSUD rujukan tersebut juga memiliki fasilitas di bawah standar sebuah rumah sakit rujukan.
 
"Peralatan kami di sini juga sudah lama dan tidak ada peralatan yang baru, misalnya di ruang laboratorium, pemeriksaan darah yang seharusnya hanya butuh beberapa, tapi karena keterbatasan alat membutuhkan satu hingga dua jam," katanya.
 
Di tempat terpisah, Suvervisi di Kebidanan RSUD Abepura Theresia Kareth menyampaikan peralatan di ruang bersalin juga tidak memenuhi standar dan bangunan
juga tidak layak.

"Selain atapnya sudah banyak bocor,  ruangannya juga sempit dan tidak bisa menampung pasien jumlah banyak, padahal ini ruang ibu dan bayi yang baru lahir," ujarnya.
 
Selain itu, menurutnya banyak ruang yang pendinginnya sudah tidak berfungsi.
 
"Kalau mau dibilang, di rumah sakit ini masih banyak persoalannya yang tidak bisa diselesaikan oleh seorang direktur, kami hanya bisa memberikan pelayanan sebisa yang kami lakukan," katanya. (*)
 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top