Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

RSUD Biak Numfor sediakan layanan kesehatan jiwa

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Biak, Jubi – Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Biak  Numfor, Provinsi Papua, menyediakan layanan konsultasi kesehatan jiwa dengan menyiapkan tenaga psikolog dan dokter psikiatri untuk masyarakat yang mengalami stress.

“Dokter kesehatan jiwa yang kami datangkan dari Jayapura untuk membantu penanganan pasien yang terkena depresi karena berbagai persoalan sosial yang dialaminya,” kata Pelaksana Tugas Kepala RSUD Biak, dr Ricardo Mayor, saat dihubungi Antara, di Biak, Senin (21/10/2018).

RSUD Biak Numfor sediakan layanan kesehatan jiwa 1 i Papua

Ia mengatakan pelayanan dokter ahli kesehatan jiwa dan dokter mata di RSUD Biak mengguanakan dokter terbang dari RSU Dok II Jayapura dan dokter rumah sakit jiwa.

Dengan adanya layanan pemeriksanaan dan konsultasi kejiwaan di RSUD, menurut dia, maka setiap ada pasien yang berobat untuk pemeriksaan dan pengobatan akan diberikan penanganan khusus.

Disinggung penyediaan dokter psikiatri untuk mengantisipasi banyaknya calon anggota legislatif (caleg) Biak yang mengalami stress akibat tidak terpilih menjadi wakil rakyat di daerah pada Pemilu 2019, menurut Ricardo Mayor, hal itu bisa saja terjadi.

 Tetapi prinsip adanya penyiapan tenaga dokterahli kesehatan jiwa, katanya, adalah bagian dari peningkatan kinerja penanganan manajemen RSUD kelas B Biak kepada masyarakat.

Loading...
;

“Tenaga dokter ahli kesehatan jiwa yang melakukan pelayanan di RSUD Biak akan menangani pasien depresi atau stress, dan diharapkan lebih efektif membantu mengatasi gejala depresi warga karena berbagai persoalan hidup,”kata Mayor.

Ia berharap masyarakat di Kabupaten Biak Numfor, Supiori , Waropen, dan Kabupaten Yapen Kepulauan dapat memanfaatkan jasa pengobatan dokter ahli kesehatan jiwa di RSUD Biak.

“Ada jadwal khusus pelayanan bagi dokter terbang dari Jayapura seperti dokter mata, dokter ahli kesehatan jiwa, dan dokter ahli lainnya,” kata Mayor.

Sejauh ini kata dia layanan kesehatan di RSUD Biak pada poli klinik serta ruang intensif gawat darurat masih lancar beroperasi melayani kebutuhan warga.

Secara terpisah, Ketua Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Papua, Yosefina Marike Watofa, mengatakan mestinya dalam pemeriksaan kejiawaan atau psikologi minimal di dalam sebuah rumah sakit harus ada psikologi klinis bagi pasien.

”Kalau seorang dokter ahli jiwa akan  memberikan diagnosa dan memberikan obat sedangkan seorang psikolog lebih kepada perilaku medical seseorang pasien. Tidak selamanya seorang pasien kejiwaan harus terus diberi obat penenang misalnya,” kata Watofa, seraya mengakui kalau di Papua jumlah ahli psikologis klinis terbatas baru tercatat sebanyak lima orang saja.

“Sampai sejauh spesialis psikologis klinis di Papua baru lima, orang dua orang di Uncen, satu orang di RS JIwa Abepura, dan dua di Kabupaten Asmat dan Mamppi,” katanya, saat dihubungi, Jubi, Selasa (22/10/2018) malam.

Dia menambahkan dalam test kesehatan Gubernur Papua dan Wakil Gubernur termasuk tujuh bupati di Papua semua melibatkan para ahli dari HIMPSI, IDI, dan BNN sehingga lengkap dalam seleksi tersebut.

“Sangat berbeda dengan test kejiwaan yang sangat terbatas ahli psikologis klinisnya sehingga akan lebih kepada persyaratan adminitrasi semata,” kata mahasiswa program doktoral Fakultas Psikologis Klinis Universitas Airlangga Surabaya ini. (*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top