RSUD ini gunakan kontainer untuk rawat pasien Covid-19

Papua
Ilustrasi layanan medis, pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Surabaya, Jubi – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo, Surabaya, menambah ruang perawatan khusus untuk pasien virus Covid-19 menggunakan kontainer. Hal itu dilakukan karena ruang isolasi RS tersebut yang sudah penuh.

“Ini kontainer di halaman RSUD dr Soetomo Surabaya yangg siang ini mulai diisi pasien Covid-19 kondisi gejala sedang lengkap dengan HEPA filter portable,” kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, saat meninjau layanan ruamh sakit darurat itu, Minggu, (11/7/2021).

Baca juga : Puluhan pegawai positif Covid-19, rumah sakit daerah ini batasi pelayanan

Sepuluh dokter di daerah ini positif Covid-19, sebagian layanan rumah sakit ditutup

RSUD Nabire harus antisipasi tempat perawatan pasien Covid-19

Menurut Khofifah, kontainer ditempatkan di halaman RS dimodifikasi sedemikian rupa agar bisa difungsikan untuk merawat pasien Covid-19.

Loading...
;

Kontainer juga dilengkapi dengan HEPA filter atau high efficiency particulate air, sehingga mampu menyaring udara hingga 99,97 persen debu, serbuk, jamur, bakteri dan partikel udara berukuran 0,3 mikron. Filter ini bermanfaat untuk menyaring udara dan membersihkan permukaan dari debu, partikel-partikel yang memicu alergi, termasuk mengurangi risiko paparan Covid-19 melalui aerosol.

Tercatat setidaknya ada lima unit kontainer yang siap digunakan masing-masing unit cukup untuk menampung lima orang pasien.

Kontainer-kontainer ini merupakan sumbangan dari seorang donatur. Dengan bantuan ini, Khofifah berharap tak ada lagi pasien yang harus mengantre di IGD RSUD dr Soetomo untuk memperoleh perawatan.

“Hari ini telah siap lima kontainer bantuan dermawan, dipakai untuk 25 pasien yang saat ini dilayani di selasar karena IGD sudah penuh. Semoga tidak ada lagi pasien yang tidak tertampung,” katanya.

Dirut RSUD dr Soetomo, Joni Wahyuhadi membenarkan bahwa ada kontainer yang dialihfungsikan menjadi ruang perawatan pasien Covid-19. “Iya benar pasien (malam tadi) di IGD overcapacity,” kata Joni.

Menurut dia, masih ada 85 pasien di IGD, hal itu melebihi kapasitas kapasitas hingga 60 pasien. (*)

CNN Indonesia

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top