HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

RSUD Jayapura ambil sampel darah pasien suspect corona 

Alex-RSUD-Jayapura Papua
Rumah Sakit Umum Daerah Jayapura - Jubi.Dok
Rumah Sakit Umum Daerah Jayapura – Jubi.Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Tim dokter Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Jayapura dikabarkan, hari ini Senin (16/3/2020), akan mengambil sampel darah satu pasien (46) yang diduga (suspect) terjangkit virus Corona, setelah menunjukkan gejala batuk, pilek, dan deman.

Direktur RSUD Jayapura, Aloysius Giyai, mengatakan saat ini pasien berjenis kelamin laki-laki ini masih dalam pengawasan tim dokter, karena sebelumnya ada melakukan kontak dengan salah satu pasien positif corona pada 25-29 Februari lalu di Bogor.

“Jadi ini bukan pasien yang di Merauke. Setelah pengambilan, sampel darah akan dikirim ke laboratorium kesehatan milik Kemenkes di Jakarta. Saat ini kondisi pasien tidak terlalu mengkhawatirkan,” kata Giyai kepada Jubi melalui telepon seluler di Jayapura, Senin (16/3/2020).

Saat ditanya soal keberadaan ruang isolasi, dirinya menyampaikan saat ini jumlah ruangan hanya tiga kamar, maka manajemen mengambil kebijakan untuk memakai sementara ruang rawat inap penyakit saraf.

“Sementara pasien penyakit saraf kami pindahkan ke ruangan lain, sebab ruang saraf akan dipakai sementara untuk pasien yang dicurigai atau suspect virus corona,” ujarnya.

Mengenai fasilitas dan obat-obatan, kata Aloysius Giyai untuk saat ini masih terpenuhi, hanya saja baju pelindung diri yang masih harus ditambah.

Loading...
;

“Untuk kekurangan sudah kami koordinasikan dengan satgas provinsi, mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah bisa dilengkapi,” katanya.

Dirinya juga mengimbau kepada warga Kota Jayapura untuk tidak panik usai mendengar adanya satu pasien yang dirawat di RSUD Jayapura, karena semua dalam pengawasan medis dan masih berstatus suspect.

“Silakan datang berobat ke rumah sakit seperti biasa, yang terpenting jaga kebersihan, selalu cuci tangan pakai sabun, makan makanan yang sehat, dan istirahat yang baik serta tak lupa berdoa,” sarannya.

Secara terpisah, Suherman, warga Kelurahan Bhayangkara, Kota Jayapura mengaku kaget ketika membaca pesan singkat dari kerabat mengenai adanya satu pasien corona yang dirawat di RSUD Jayapura. Namun, dirnya memilih tetap tenang.

“Saat baca itu jujur saya kuatir, tapi setelah mencari informasi terkait virus corona saya lebih tenang. Bahkan mulai saat ini saya sudah mulai mengkosumsi obat-obatan herbal untuk menjaga imunitas tubuh tetap terjaga,” kata Suherman. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa