Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

RSUD Yowari butuh bank darah sendiri

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Sentani, Jubi – RSUD Yowari, Kabupaten Jayapura belum memiliki bank darah, padahal fasilitas tersebut sangat diperlukan. Selama ini kebutuhan darah masih dipasok dari PMI Kabupaten Jayapura.

Direktur RSUD Yowari Dr. Michael Demetouw mengatakan, bank darah memang harus ada di sebuah rumah sakit.
 
“Selama ini bank darah ada di kabupaten, kalau bank darah ada di rumah sakit kan aman keluarga pasien yang membutuhkan darah, tidak perlu ke kabupaten cukup di rumah sakit kita tinggal ambil saja," katanya kepada Jubi, Selasa (14/3/2017).
 
Michael mengatakan, siap melakukan apa saja demi peningkatan pelayanan di rumah sakit tersebut, termasuk membangun tempat bank darah. Namun kewenangan ada pada pemda dan pemda belum membicarakannya.
 
Ia berharap bank darah ada di RSUD Yowari. Bank darah, katanya, harus ada di sebuah rumah sakit agar pelayanan berjalan dengan baik.
 
Kepala Unit Transfungsi Darah PMI Kabupaten Jayapura, dr. Raflus Doranggi, M.H mengatakan, dalam tiga bulan terakhir ada kendala ketersediaan stok darah. Namun Maret ini stok sudah ada.
 
“Saya belum tahu pasti karena belum cek, tapi yang jelas stoknya ada, apakah terpenuhi semua golongan darah, saya mesti cek di RSUD Yowari lagi karena kami punya transfusi darah dan tempat penyimpanan ada di sana,” ujarnya ketika dikontak Jubi.
 
Raflus mengatakan, dua bulan terakhir ada sedikit kendala karena belum berjalannya unit mobile. Ini menyebabkan belum banyak darah terkumpul.
 
“Namun Maret kembali berjalan dengan cara mobile dan dalam tiga minggu ini ada tiga kali kali kami melakukan donor darah secara mobile, kami berharap dengan stok darah yang ada nanti masyarakat dapat menggunakan darah dengan baik ,” ujarnya. (*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top