Follow our news chanel

Previous
Next

RT/RW harus berperan aktif mengatasi sampah

Papua
Sampah di Pasar Pharaa Sentani - Jubi/Yance Wenda
RT/RW harus berperan aktif mengatasi sampah 1 i Papua
Sampah di Pasar Pharaa Sentani – Jubi/Yance Wenda

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) harus berperan aktif dalam mengurangi sampah di lingkungannya, sebab sampah menjadi masalah serius masyarakat dan instansi pemerintah.

Kabid Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura, Saverius Manangsang, memgatakan pihaknya memiliki keterbatasan armada sehingga tidak dapat masuk ke gang-gang untuk memgangkut sampah-sampah.

Beberapa lokasi yang tidak dapat dijangkau armada sampah adalah Kampung Toladan, Pos, dan Sereh, serta beberapa daerah lainnya.

“Satu unit di BTN Puskopad, satu lagi di BTN Sosial, satu Marwa, satu di taman bunga, saya berusaha agar sampah-sampah itu jangan keluar di jalan agar sampah yang keluar di jalan itu berkurang dan sekarang ini sudah maksimal sedikit,” katanya kepada Jubi di Sentani, Selasa (29/10/2019).

“Kami Dinas Lingkungan Hidup ini hanya mengangkut dan setiap stakeholder, baik itu RT/RW harus ikut mengatasi masalah ini (sampah). Jadi, saya berharap RT/RW itu membuat tempat sampah lalu mereka lapor ke kami DLH agar kami tahu di daerah itu ada tempat sampah dan bisa kami jadwalkan (mengangkut),” lanjutnya.

Salah satu warga, Disman Tabuni mengaku kecewa terhadap oknum-oknum yang membuang sampah di sekitar Kampung Toladan.

Loading...
;

“Orang buang sampah itu selalu di jam-jam kecil (dinihari). Mereka datang menggunakan motor, mobil baru buang dalam jumlah banyak. Kami sebenarnya itu kesal juga dengan kelakukan orang seperti ini,” kata Tabuni.

Ia juga  berharap agar dinas terkait dapat melakukan patroli dalam mengangkut sampah di setiap jalan.

“Saya sarankan saja mereka yang bikin BTN, perumahan dan kos ini harus sediakan tempat sampah dan juga armada khusus untuk angkut sampah, karena mereka ni penghasil sampah terbesar dalam sehari,” katanya. (*)

Edotor: Timo Marten

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top