Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Rugby dijadikan ikon olahraga di Papua

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Sentani, Jubi – Cabang olahraga rugby terus disosialisasi serta diperkenalkan kepada masyarakat Papua.

Cabor yang mengandalkan otot dan fisik ini, pada pertandingan eksebisi PON XIX/Jawa Barat, tahun lalu sumbang dua medali emas buat Papua.

Rugby dijadikan ikon olahraga di Papua 1 i Papua

Berkaca dari prestasi inilah, rugby mulai disosialisasikan ke pelosok tanah Papua. Secara Nasional rugby sudah terdaftar resmi sebagai anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat.  

Presiden Rugby Papua, Ferinando Yansen Tinal pada kegiatan Festival Rugby Kabupaten Jayapura di Sentani mengatakan, rugby akan menjadi salah satu ikon olahraga bagi masyarakat Papua, setelah sepak bola.

Menurutnya, rugby mengajarkan banyak hal terkait karakter orang Papua. "Ini olahraga yang cukup keras dan cocok bagi masyarakat Papua yang mempunyai fisik dan karakter yang kuat, tetapi didalam rugby atletnya akan banyak belajar tertantang bagaimana dapat menahan emosi yang sering tidak terkontrol, tetapi juga kerja sama dan kebersamaan dalam satu tim yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari," jelasnya disela-sela kegiatan tersebut di eks lapangan sepak bola Sentani, Sabtu (21/10/2017). 

Ferinando Tinal bilang pihaknya intens lakukan sosialisasi di berbagai daerah terkait olahraga rugby. Di Biak, Timika, Kota dan Kabupaten Jayapura, rugby sudah mulai dipertandingkan.

Loading...
;

Bahkan sudah ada banyak tim-tim lokal yang terbentuk.  "Kali ini kita buat dalam bentuk festival, dimana olahraga ini dipertandingkan dikalangan siswa-siswi di setiap sekolah SMA/SMK hingga ke tingkat sekolah dasar,” ujarnya.

Dengan harapan olahraga rugby dapat diterima dan dilaksanakan pada usia dini, remaja dan pemuda. Sehingga olahraga ini juga menjadi bagian di tengah masyarakat dan menjadi aktifitas rutin.

Selain sosialisasi dan pembinaan, dalam waktu dekat tim rugby Papua siap mengikuti serangkaian kejuaraan bersifat nasional di pulau Jawa dan bahkan turut serta dalam ajang kegiatan rugby tingkat Asia Pasifik," ujarnya. 

Ketua panita Yanto Eluay mengatakan, kegiatan ini tidak hanya sebatas olahraga saja, tapi juga pembentukan karakter bagi generasi muda, yang saat ini rentan pengaruh negatif dari luar.

"Dengan dilaksanakan festival rugby tingkat SMA/SMK se kabupaten Jayapura ini, sesungguhnya kita lagi mengajak generasi muda untuk meninggalkan aktifitas mereka yang negatif dan dipengaruhi hal-hal yang sama sekali tidak menjamin masa depan mereka dikemudian hari,” harapnya.

Anak kandung tokoh kharismatik Papua, alm. Theys Eluay sampaikan ke depan tidak hanya festival, tetapi sudah dirancang untuk dilaksanakan dalam iven kejuaraan. (*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top