TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

Rusia dukung militer Myanmar, korban sipil tewas mencapai 91 orang

Papua, Militer
Ilustrasi pasukan militer - Pexels.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – Rusia justru mendukung militer Myanmar ketika korban sipil tewas akibat kekerasan tentara itu mencapai 91 orang. Sikap rusia itu aneh saat negara-negara Barat dan sebagian anggota ASEAN mengecam kekejaman junta.

Dukungan Rusia itu dibuktikan dengan mengirim wakil menteri pertahanan, Alexander Fomin, untuk menghadiri pawai di Naypyitaw, setelah bertemu dengan para pemimpin senior junta, pada Sabtu, (27/3/2021) atau sehari sebelumnya. Kehadiran pejabat Rusia itu kunjungan pejabat tinggi pertahanan pertama Rusia sejak kudeta awal Februari lalu.

“Rusia adalah teman sejati,” kata Panglima Militer Myanmar, Min Aung Hlaing, dikutip dari Reuters, Sabtu (27/3/2021).

Baca juga : Kudeta militer Myanmar, Amerika Serikat dan Inggris keluarkan sanksi 

Ini ancaman kelompok etnis bersenjata jika militer Myanmar terus membunuh demonstran 

Perempuan hingga pelajar angkat senjata lawan kudeta militer Myanmar

Para diplomat mengatakan delapan negara di antaranya Rusia, China, India, Pakistan, Bangladesh, Vietnam, Laos, dan Thailand, hanya mengirim perwakilan untuk acara itu, tetapi Rusia adalah satu-satunya yang mengirim menteri.

“Federasi Rusia berpegang pada garis strategis untuk mengintensifkan hubungan antara kedua negara,” kata Fomin pada pertemuan itu.

Menurut Fomin, Rusia menganggap Myanmar sebagai sekutu dan mitra strategis yang dapat diandalkan di Asia Tenggara dan kawasan Asia-Pasifik yang lebih besar.

Dukungan dari Rusia dan Cina, yang juga menahan diri dari kritik, penting bagi junta Myanmar karena kedua negara tersebut adalah anggota tetap Dewan Keamanan PBB dan dapat memblokir potensi tindakan keras PBB. (*)

Editor : Edi Faisol

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us