Mamta

Rustan Saru: Peringatan dini bencana di Kota Jayapura perlu dioptimalkan

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Wakil Walikota Jayapura, Rustan Saru mengatakan peringatan dini bencana hidro meteorologi bagi masyarakat Kota Jayapura perlu dioptimalkan. Masyarakat harus mendapatkan akses peringatan dini bencana hidrometeorologi secara cepat dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG.

Hal itu disampaikan Rustan Saru dalam seminar “Aksi Dini dan Peringatan Dini Untuk Pengurangan Resiko Bencana hidrometeorologi”. Acara ini dilaksanakan secara daring oleh BMKG Wilayah V – Jayapura dalam rangka memperingati Hari Meteorologi Dunia Ke-72, pada Senin (28/03/2022).

Saru mengatakan peringatan dini sangat penting, sebab Kota Jayapura merupakan salah satu kota di Papua yang memiliki risiko bencana hidrometeorologi tinggi . Ia mencontohkan, pada 7 Januari 2022 terjadi bencana banjir dan longsor di Kota Jayapura yang menyebabkan 8 orang meninggal dunia, dan 10 orang lain  mengalami luka-luka. Hujan ekstrem merendam ratusan kendaran warga, permukiman, pasar dan fasilitas umum lainnya di Kota Jayapura.

Baca juga: Pemkot Jayapura masih evaluasi pelaksanaan PTM

Saru mengatakan Pemkot Jayapura sudah melakukan koordinasi dengan berbagai instansi terkait, terutama BMKG, terkait penyaluran informasi peringatan dini melalui beberapa media, termasuk WhatsAap. Saru menyatakan pemasangan alat peringatan dini, pemasangan rambu-rambu daerah rawan bencana dan peringatan dini juga bisa disosialisasikan lewat akun media sosial dan website.

“Dengan demikan dampak bencana dapat dikurangi atau diminimalisirkan dan dapat dihindari,” ujarnya.

Pemerintah Kota Jayapura, kata Saru, terus berupaya menyebarluaskan informasi terkait bencana yang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Jayapura. Penyebarluasan informasi itu dilakukan untuk menekankan langkah dan kesiapsiagaan yang disesuaikan dengan peningkatan status risiko ancaman bencana.

“Hal tersebut dimaksudkan agar masyarakat dapat memiliki kepedulian dan kesadaran bahwa bencana dapat datang sewaktu-waktu sehingga saat terjadi bencana masyarakat akan mengerti langkah-langkah yang harus dilakukan,” katanya.

Baca juga: LPMP Papua tidak lagi gunakan sebagai tempat isolasi terpusat

Saru mengatakan Pemerintah Kota Jayapura juga meningkatkan kesadaran masyarakat akan bencana hidrometeorologi dengan mealukan sosialiasai secara rutin ke keluruhan, kampung, sekolah, puskemas dan lainnya. Tujuannya untuk bersama-sama masyarakat menentukan alat peringatan dini daerah dan evakuasi serta lokasi titik kumpul.

“Terima kasis kepada BMKG yang telah menampilkan informasi harian, mingguan, bulanan tentang peringatan dini bencana,” ujarnya.

Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah V – Jayapura, Hendro Nugroho mengatakan dalam sepuluh tahun terakhir frekuensi bencana hidrometeorologi di Papua terus meningkat. Hal itu dsebabkan perilaku atmosfer yang berubah akibat perubahan iklim global. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Theo Kelen

Recent Posts

4 mahasiswa yang ditangkap dalam pembubaran demo tolak pemekaran di Nabire dibebaskan

Papua No. 1 News Portal | Jubi Jayapura, Jubi – Kepolisian Resor Nabire menangkap empat…

4 months ago

Persitoli juara Piala Pertiwi, Ketum PSSI puji totalitas Bupati Tolikara

Papua No.1 News Portal | Jubi Jayapura, Jubi - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh…

4 months ago

Widodo Cahyono Putra tetap yakin Persipura bisa cepat bangkit dan kembali ke Liga 1

Papua No.1 News Portal | Jubi Jayapura, Jubi - Pelatih Persita Tangerang, Widodo Cahyono Putra…

4 months ago

Walau menang tiga gol, Persipura tetap terdegradasi

Papua No.1 News Portal | Jubi Jayapura, Jubi - Persipura Jayapura akhirnya harus terlempar ke…

4 months ago

Tersangka korupsi dandes beserta barang bukti dilimpahkan ke Kejari Jayawijaya

Papua No.1 News Portal | Jubi Wamena, Jubi - Kepolisian Resor (Polres) Jayawijaya, Kamis (31/3/2022),…

4 months ago

Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura teken MoU dengan Yayasan Internet Indonesia

Papua No.1 News Portal | Jubi Sentani, Jubi - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo)…

4 months ago