Follow our news chanel

RUU Otsus Plus bukan ancaman terhadap NKRI

Papua No. 1 News Portal | Jubi , 

Jayapura, Jubi – Anggota Komisi I DPR Papua bidang pemerintahan, politik, hukum, HAM dan keamanan, John Wilil menyatakan, Rancangan Undang-Undang Otonomi Khusus (RUU Otsus) Plus yang kembali akan didorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua bukanlah ancaman terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurut legislator Papua dari 14 kursi pengangkatan itu, RUU Otsus Plus tersebut sudah lengkap dan telah didorong sejak akhir kepemimpinan Presiden Susilo Bambang (SBY) beberapa tahun lalu, namun kandas di Jakarta.

"UU Otsus Plus bukan ancaman untuk NKRI, tapi agar kewenangan Pemprov Papua lebih luas," kata John Wilil menjawab pertanyaan Jubi, Selasa (16/10/2018).

Katanya, pada periode pertama kepemimpinanya Gubernur Papua, Lukas Enembe berupaya mendorong RUU Otsus Plus lantaran kini banyak kewenangan dalam UU 21 tahun 2001 tentang Otsus Papua dikebiri. Tumpang tindih aturan menyebabkan pemerintah di Papua tak dapat berbuat banyak.

Ia mengatakan, Lukas Enembe akhirnya berpikir, UU Otsus Plus adalah solusinya agar kewenangan Papua lebih luas, karena UU Otsus hanya berlaku di provinsi, sedangkan kabupaten (kota) menggunakan UU pemerintahan.

Gubernur Papua lanjutnya, ingin Papua lebih maju. Hanya saja memang ada pihak yang selalu menyalahartikan niat baik gubernur, karena masalah persaingan politik dan lainnya.

Loading...
;

"Gubernur sebenarnya sejak awal pembahasan RUU Otsus Plus meminta masukan dan tanggapan dari bebragai pihak, namun ada kelompok lain yang beranggapan RUU Otsus Plus itu hanya diurus sepihak," ucapnya. 

Untuk itu ia berharap, semua pihak di Papua bersama-sama Pemprov Papua mendorong RUU Otsus Plus agar dapat masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2018 di DPRP RI.

"Sebaiknya bersatu, kalau mau menyelamatkan Papua, karena ini juga tergantung lobi di pusat. Misalnya di DPR RI, meyakinkan 100 orang dari 500 lebih anggota DPR RI yang ada di setiap fraksi, komisi dan alat kelengkapan dewan lainnya, bukan hal gampang," ujarnya.

Gubernur Papua, Lukas Enembe usai bersama para bupati dan wali kota bertemu pihak Fraksi Nasdem DPR RI di Kantor DPP Nasdem di Jakarta, Kamis (4/10/2018), mengatakan pihaknya akan kembali mendorong RUU Otus Plus agar masuk Prolegnas DPR RI, 2019.

"Kami berharap Fraksi di DPR RI tetap mendorong RU UU Otsus Plus, sehingga disahkan menjadi UU Otsus Plus," kata Enembe kala itu.

Menurutnya, pada akhir masa jabatan SBY, RUU Otsus Plus telah masuk ke DPR RI. Namun ketika SBY tak lagi menjabat presiden RUU itu tak masuk Prolegnas, meski Pemprov Papua telah melakukan berbagai upaya.

Namun fraksi di DPR RI tak punya kemampuan mendorong RU UU Otsus Plus, meski salah satu fraksi di DPR RI yang mendorong RU UU Otsus Plus adalah Fraksi Partai Nasdem. "Sekarang waktunya memperbaiki draf RU UU Otsus Plus, sehingga menjadi UU Otsus Plus," ujarnya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top