Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

RUU tambah masa jabatan Presiden Bougainville ditolak

Presiden Bougainville, John Momis. RNZI/ supplied

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Buka, Jubi – Presiden Pemerintah Otonomi Bougainville (ABG), John Momis, tidak akan bisa ikut dalam pemilihan presiden ABG 2020 sebagai calon presiden.

Hal ini terjadi setelah RUU untuk memperpanjang masa jabatan seorang Presiden Bougainville, dari dua masa jabatan menjadi tiga periode, gagal mendapatkan dukungan mayoritas, dua pertiga parlemen atau 27 suara.

Anggota dewan perwakilan Bougainville yang pro ameademen atas konstitusi itu hanya bisa mendapatkan 25 suara, dua suara kurang dari 27 yang diperlukan untuk meresmikan RUU tersebut.

Empat belas anggota DPR, yang dipimpin oleh Anggota Parlemen (MP) dari Tsitalato, Fidelis Semoso, menentang RUU tersebut, menghentikan semua rencana untuk memungkinkan seorang presiden dari menjabat selama tiga periode (15 tahun).

Di bawah konstitusi Bougainville, seorang presiden hanya bisa melayani selama maksimum dua periode.

Presiden Momis, yang mulai menjabat pada 2010, akan menyelesaikan masa jabatan keduanya pada akhir tahun ini.

Loading...
;

RUU lain yang dibahas oleh badan perwakilan rakyat Bougainville adalah mengenai perpanjangan alokasi tiga kursi untuk veteran Bougainville, yang berhasil dilanjutkan dengan suara 36-0. Tiga MP dari alokasi kursi veteran tidak ikut serta dalam pemungutan suara ini.

Setelah pembahasan dimulai Kamis lalu (20/2/2020), 39 anggota DPR turut memilih.

Hasil pemungutan suara badan perwakilan itu berarti penambahan satu periode pada masa jabatan maksimum presiden tidak akan terjadi, dan persyaratan maksimum dua masa jabatan bagi presiden akan tetap berlaku, sesuai dengan konstitusi Bougainville yang berlaku saat ini.

Mengenai kursi cadangan untuk para veteran, amendemen itu akan dilanjutkan ke sidang ketiga dan terakhir sebelum bisa diimplementasikan.

DPR Bougainville akan melanjutkan sidang berikutnya pada 17 Maret. (Post Courier)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top