Follow our news chanel

Previous
Next

Sagu dan nibun bisa diolah menjadi garam dapur

Papua
Warga mengolah sagu untuk kebutuhan bahan pangan di Kampung Yoboi, Sentani Kabupaten Jayapura, beberapa waktu lalu - dok. Jubi.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Sagu tidak hanya bisa diolah menjadi makanan pokok. Tanaman tersebut ternyata juga bisa menghasilkan garam dapur.

Garam dapur dari sagu lazim disebut garam hitam. Garam tersebut diperoleh dari hasil pembakaran empulur sagu.

“Garam hitam diperoleh dengan memanfaatkan bagian dalam batang (empulur) sagu. Bagian tersebut diris tipis, lalu dijemur, dan dibakar. Hasil pembakaran itu kemudian ditapis (untuk) menjadi garam,” kata Ketua Papua Junggle Cheef Charles Toto, Selasa (21/7/2020).

Selain dari empulur sagu, garam hitam dapat dihasilkan dari empulur nibun. Charles memperkenalkan pembuatan garam hitam dari kedua jenis tanaman tersebut kepada warga di Kampung Yoboi, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, dua hari lalu.

“Garam hitam diharapkan membantu warga dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Produksinya masih terbatas karena kami juga tidak ingin sagu sampai ditebang hanya untuk garam hitam. Yang penting, warga telah memahami pembuatannya,” jelasnya.

Charles mengatakan garam hitam dari sagu dan nibun selama ini sering digunakan warga Merauke dan wilayah di sekitarnya untuk memasak. Dia berharap pemanfaatan potensi lokal tersebut juga berkembang di Kampung Yoboi. “Pengunjung semakin berkesan saat ke Yoboi jika mereka juga disuguhi kuliner lokal olahan warga.”

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayapura Joko Suyono mengatakan pengembangan sumber daya manusia juga menjadi modal utama pembangunan wisata daerah. “Berbagai pelatihan akan kami gelar agar pengelolaan objek wisata berkembang dan mendatangkan pendapatan bagi masyarakat.” (*)

Loading...
;

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top