Follow our news chanel

Previous
Next

Salah paham dan hoaks picu dua ormas ini bentrok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – Bentrokan antara ormas Forum Betawi Rempug (FBR) dan Pemuda Pancasila (PP) terjadi di wilayah Ciledug, Tangerang Kota, Minggu (6/9/2020) lalu. Kapolsek Ciledug Komisaris Ali Yusron mengatakan kedua belah pihak telah sepakat berdamai.

“Kedua belah pihak sepakat membuat deklarasi damai,” kata Ali, Senin (7/9/2020).

Bentrokan itu dipicu oleh kabar hoaks dan kesalahpahaman antara FBR dan PP. Ali menerangkan peristiwa bermula saat rombongan PP pulang dari arah Cibodas, Bogor menggunakan 10 mobil. Dua di antaranya merupakan mobil ormas.

Setibanya, di daerah Petukangan, Jakarta Selatan, ada batu kerikil yang mengenai salah satu mobil rombongan tersebut. Pihak PP lantas mencoba mencari tahu siapa pelaku dan tak ketemu.

Rombongan kemudian melanjutkan perjalanan ke arah Kreo. Di situ, mobil sempat menyenggol seorang tukang parkir, yang ternyata masih berkerabat dengan anggota FBR. Setelahnya, muncul kabar hoaks di antara FBR dan PP yang akhirnya memicu bentrokan.

“Pemicu mereka di [kabar] hoaks. Yang dari sana (PP) tadi nimpuk [memakai batu kerikil] dikira FBR, yang [FBR] ini dikira nyari dendam. Ini kan berita hoaks yang memicu,” ujar Ali menjelaskan.

Loading...
;

Baca juga : Rumah sakit ini laporkan informasi hoaks di Medsos 

Polisi tangkap dua penyebar berita hoaks Covid-19 

Informasi peredaran beras plastik di Maluku hoaks

Kabar itu memunculkan beredarnya video dan foto yang seolah-olah memperlihatkan aksi bentrokan. Padahal, foto dan video itu menujukan peristiwa yang sudah lama terjadi.

“Iya [salah paham], mereka enggak ada masalah, itu yang beredar di medsos banyak kejadian lama,”  katanya.

Rekaman video terkait aksi bentrokan, salah satunya diunggah oleh akun Instagram @info_ciledug yang mengiformasikan adanya bentrok di jalan Hos Cokroaminoto dan jalan Ciledug Raya dari Cipulir sampai Giant Kreo Minggu (06/09/2020) malam. (*)

CNN Indonesia

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top