Follow our news chanel

Previous
Next

Salat Iduladha di Jayawijaya tidak dilakukan di lapangan terbuka

Papua
Ilustrasi salat Iduladha sebelum masa pandemi Covid-19 di Jayawijaya. Tahun ini pelaksanaanya dilaksanakan di masjid dan musala. -Jubi/Islami
Papua No.1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Pelaksanaan ibadah salat Iduladha 1441 Hijriah pada 31 Juli 2020 dan penyembelihan hewan kurban akan tetap dilaksanakan di Jayawijaya, namun pelaksanaan salat tidak menggunakan lapangan terbuka.

Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Jayawijaya, Soltan Takdir, saat dihubungi Selasa (28/7/2020), mengatakan berdasarkan surat rekomendasi Bupati Jayawijaya nomor 848/9811/BUP, diberikan dispensasi untuk melaksanakan salat Iduladha dan penyembelihan hewan kurban di Jayawijaya.

Menurutnya, pelaksanaannya juga berdasarkan surat edaran Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Kementerian Agama, bahwa diberikan izin untuk salat di setiap masjid dan musala yang ada di Jayawijaya.

“Kita laksanakan berdasarkan zonasi masyarakat di sekitar masjid tersebut,” katanya.

Pelaksanaannya, kata dia, tetap menggunakan protokol kesehatan dengan beberapa pedoman yang harus dipatuhi untuk meminimalisir penyebaran Covid-19, seperti menjaga jarak saat salat, menggunakan masker, dan juga membawa perlengkapan salat masing-masing dari rumah.

“Panitia juga akan menyediakan alat pengukur suhu tubuh bagi setiap jemaah yang datang, khusus bagi orang tua yang rentan dengan penyakit dan anak-anak, tidak disarankan masuk ke masjid untuk salat Iduladha,” katanya.

Terkait pengumpulan hewan kurban, menurutnya saat ini telah terkumpul 35 ekor sapi dan 10 ekor kambing.

Loading...
;

Senada, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jayawijaya, H. Achmad Solehudin, menekankan agar setiap jemaah dapat mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan.

“Menjaga jarak dan menggunakan masker, tidak diperkenankan bagi umat Islam yang melaksanakan salat Iduladha tanpa mengikuti protokol kesehatan. Nanti panitia baik dari MUI dan PHBI sudah mengantisipasi dengan disiapkannya tempat-tempat yang akan digunakan untuk melaksanakan salat Iduladha,” katanya. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top