Follow our news chanel

Previous
Next

Sambut PON 2020, Kota Sentani mulai berbenah

Pembongkaran jalan dan penyediaan utilitas di kawasan Bandara Sentani - Jubi/Engel Wally
Sambut PON 2020, Kota Sentani mulai berbenah 1 i Papua
Pembongkaran jalan dan penyediaan utilitas di kawasan Bandara Sentani – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Jayapura, Alpius Toam, mengatakan dalam rangka menyambut PON XX/2020, pihaknya sedang mengerjakan penataan kota, pembangunan infrastruktur jalan, dan penyediaan fasilitas utilitas bagi kabel telekomunikasi serta pipa air di sepanjang Kota Sentani.

“Penataan dan penyediaan fasilitas utilitas dari Sentani Hawai sampai Doyo Baru, agar memudahkan pekerjaan di waktu-waktu mendatang,” ujar Toam, saat ditemui di Kantor Bupati Jayapura, di Gunung Merah Sentani, Selasa (7/1/2020).

Dikatakan, penyediaan fasilitas tersebut tentunya dengan pertimbangan lebar badan jalan utama, jaraknya ada 20 meter dari badan jalan. Sehingga, fasilitas umum yang saat ini berada kurang dari jarak tersebut dan dekat dengan badan jalan, pasti akan ditertibkan.

“Yang lalu ketika membongkar jalan, banyak kabel bawah tanah, saluran pipa air yang terbongkar, dan hal tersebut menghambat pekerjaan yang dilakukan,” katanya.

Selain penataan, kata Toam, jalan penghubung di dalam kota sebagian besar sudah dikerjakan. Seperti Sosial, Tabita, Kemiri, Toware, dan eks pasar lama Sentani. Ini jalur-jalur alternatif yang nantinya digunakan untuk mengurai kemacetan ketika PON XX/2020 berlangsung.

Planning besarnya, jalan alternatif antar kabupaten akan dialihkan melalui wilayah sebelah selatan Danau Sentani,” jelasnya.

Loading...
;

Sementara itu, seorang warga Kota Sentani, Yosias Demotekai, mengatakan jaringan kabel komunikasi dan saluran pipa air di Sentani, kebanyakan ditanam di dalam tanah secara acak.

“Sudah semestinya jaringan bawah tanah seperti kabel telekomunikasi dan pipa air di dalam tanah disediakan fasilitas penunjangnya. Demikian dengan penataan Kota Sentani sebagai pintu masuk Papua,” ungkapnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top