Follow our news chanel

Previous
Next

Sambut PON 2020, puluhan ribu bibit ikan nila ditebar di Dondai

Prosesi penebaran ikan di Kampung Dondai Distrik Waibhu- Jubi / Engel Wally
Sambut PON 2020, puluhan ribu bibit ikan nila ditebar di Dondai 1 i Papua
Prosesi penebaran ikan di Kampung Dondai Distrik Waibhu- Jubi / Engel Wally.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Papua bersama Pemerintah Kabupaten Jayapura menebarkan sedikitnya 40 ribu bibit ekor ikan nila di Kampung Dondai, Distrik Waibhu, Senin (4/11/2019).

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Jayapura, Rudi Saragi mengatakan, bibit ikan nila yang ditebarkan pada sejumlah keramba apung milik masyarakat di Kampung Dondai dilakukan untuk menyambut masyarakat yang akan datang pada kegiatan PON XX nanti di 2020.

Menurutnya, Kabupaten Jayapura dalam persiapan menjadi tuan rumah penyelenggara PON XX nanti, harus menyiapkan 312 ton ikan nila.

Sementara dukungan terhadap jumlah ikan yang dipersiapkan saat ini sudah mencapai 220 ton ikan yang tersebar di sejumlah Kampung di Distrik Sentani Timur dan Distrik Waibhu.

“Hari ini 40 ribu bibit kita tebar di Kampung Dondai, 60 ribu nanti di kampung Yakonde dan beberapa kampung lainnya di pesisir Danau Sentani,” ujar Rudi Saragi.

Selain bantuan bibit ikan nila, kata Saragi, ada juga bantuan pakan ikan dan waring yang diberikan oleh Pemerintah Pusat, Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Jayapura yang akan diberikan secara bertahap pada masing-masing kelompok penerima bantuan bibit ikan Nila di masing-masing Kampung.

Loading...
;

“Pakan ikan 200 sak dari pemerintah pusat, 400 sak dari Pemerintah Kabupaten Jayapura, 50 sak dari Pemerintah Provinsi ditambah 32 unit waring,” jelasnya.

Rudi berharap, bantuan bibit ikan yang telah diterima ini dapat dikembangkan dengan baik oleh masyarakat.

“Tahun depan orang akan datang ke sini untuk makan ikan nila yang segar, sangat jelas ada peningkatan ekonomi yang akan diterima dari upaya yang dilakukan mulai saat ini,” katanya.

Sementara, Assiten III Setda Kabupaten Jayapura, Timoteus Demetow mengatakan, pihaknya sangat berharap adanya kerjasama seluruh masyarakat dalam mensukseskan PON XX yang nantinya digelar di Kabupaten Jayapura.

Menurutnya, Kampung Dondai sebagai Kampung adat sudah harus mempersiapkan diri dengan kembali menata Kampung yang lebih baik lagi.

“Potensi sumber daya alam di kampung ini sangat luar biasa, perikanan, pertanian, perkebunan serta alam yang begitu indah. Hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi orang untuk datang ke sini, oleh sebab itu mulai dari saat ini sudah harus dipersiapkan dengan baik,” katanya. (*)

Editor : Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top