Follow our news chanel

Previous
Next

Samoa cabut status darurat campak

Ilustrasi virus, pixabay.com
Samoa cabut status darurat campak 1 i Papua
Ilustrasi virus, pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Melbourne, Jubi– Pemerintah negara kepulauan Samoa di wilayah Pasifik Selatan akhirnya mencabut status darurat campak yang telah diterapkan selama enam pekan, setelah angka infeksi wabah penyakit tersebut berhasil dikendalikan. Dalam pernyataan resmi yang dikeluarkan pada Sabtu (28/12/2019) malam, pemerintah Samoa menyatakan perintah darurat untuk menangani wabah campak, termasuk dengan menghentikan kegiatan sekolah dan melarang warga berpergian, telah diakhiri.

Sejak pertengahan bulan lalu, masyarakat Samoa yang hanya sekitar 200 ribu orang dibayangi dengan penyakit yang sangat mudah menular hingga menewaskan 81 orang, kebanyakan bayi dan anak kecil, serta menginfeksi lebih dari 5600 ribu orang.

Berita terkait : Jumlah korban meninggal dunia akibat campak di Samoa naik jadi 75

Pemerintah Samoa gugat juru kampanye antivaksin

Federasi Mikronesia ucapkan belasungkawa dan kirim bantuan untuk Samoa

Angka kematian dan infeksi campak di Samoa mulai menurun pada pertengahan Desember ini setelah angka vaksinasi dinaikkan menjadi 95 persen, yang disebut efektif untuk membuat “imunitas kelompok” yang mampu menghalau penyakit itu.

Loading...
;

Kasus campak diakui sedang meningkat secara global, tidak terkecuali di negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Jerman, di mana sebagian orang tua menghindari vaksin untuk anak-anak mereka karena pengetahuan keliru yang mengaitkan imunisasi dengan autisme.

Awal tahun ini, wabah campak menyerang kota Auckland di Selandia Baru, yang menjadi penghubung untuk berpergian dari dan menuju pulau-pulau kecil di kawasan Pasifik.

Tidak lama kemudian, wabah penyakit yang sama mulai menjangkiti Samoa, yang awalnya mempunyai angka vaksinasi jauh lebih rendah daripada negara-negara tetangga. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top