Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Samoa dan Tonga ingin PIF lebih tegas sikapi isu West Papua

Foto ilustrasi, bendera 18 negara anggota PIF berkibar di Nauru saat pertemuan Forum Kepulauan Pasifik 2018. - RNZI/ New Zealand Herald/ Jason Oxenham
Samoa dan Tonga ingin PIF lebih tegas sikapi isu West Papua 1 i Papua
Foto ilustrasi, bendera 18 negara anggota PIF berkibar di Nauru saat pertemuan Forum Kepulauan Pasifik 2018. – RNZI/ New Zealand Herald/ Jason Oxenham

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Nabire, Kamis – Selama sesi bersama Organisasi Masyarakat Sipil dalam Pacific Islands Forum (PIF) Rabu (14/8/2019) Perdana Menteri Samoa dan Tonga menyatakan isu West Papua tak bisa lagi diabaikan oleh kawasan Pasifik. Dilansir abc.net.au ,Samoa dan Tonga berhadapan dengan Fiji yang memilih berhati-hati  merespon isu West Papua.

PM Samoa Tuialepa Sailele mengatakan isu tersebut tidak bisa diabaikan karena rakyat sedang “sekarat”. Pada kesempatan itu PM Tonga Akilisi Pohiva juga mengajukan pertanyaan retorik, “Apakah Pasifik sudah kehilangan kontrol atas nasibnya sendiri?” sambil menyebutkan bagaimana Indonesia menganggap kawasan itu “dengan remeh”.

Di pihak lain, Perdana Menteri Fiji, Frank Bainimarama, memilih hati-hati, karena Fiji mendukung kedaulatan Indonesia.  Bainimarama juga memilih berhati-hati  menanggapi isu hak asasi manusia Papua.

George Carter, mantan penasehat politik kedutaan AS di Apia, Kepulauan Solomon, yang saat ini menjadi peneliti di Australian National University, mengatakan akan ada hasil tak terduga dalam pembahasaan soal West Papua dalam komunike final PIF nanti.  “Kita kemungkinan besar akan melihat sesuatu di jalan tengah, dengan beberapa gerakan, “katanya.

Namun Carter juga yakin Perdana Menteri Papua Nugini  James Marape dapat saja “mengayun” diskusi antar para pemimpin regional. Marape bisa menjadi pemain kunci yang menentukan hasil akhir pertemuan para kepala negara Forum Kepulauan Pasifik itu.

“Sementara kita lihat dari Samoa seruan atas perlunya para pemimpin bergerak maju atau meninjau ulang posisi mereka terkait West Papua, saya rasa pemain kunci dari ini semua adalah Papua Nugini dan bagaimana mereka melihat West Papua dan bersikap atasnya sebagai sebuah kawasan,” ujarnya.(*)

Loading...
;

Editor: Zely Ariane 

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top