Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Samoa Observer rayakan 40 tahun berkarya

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Apia, Jubi – Pemerintahan Perdana Menteri Samoa, Tuilaepa Dr. Sa'ilele Malielegaoi, didesak untuk mempertimbangkan kembali UU tentang Pencemaran Nama Baik dan Fitnah, Libel Act.

Seruan itu datang dari Wakil Direktur organisasi global International Press Institute (IPI), Scott Griffen. Griffen berbicara dalam acara perayaan HUT ke-40 Grup Berita Samoa Observer News Group di Hotel Sheraton di Apia, Kamis malam (24/08/2018).

Samoa Observer rayakan 40 tahun berkarya 1 i Papua

Griffen, yang datang dari Austria khusus untuk menghadiri acara ini, menyampaikan penghormatannya untuk Pendiri dan Pemimpin Redaksi Samoa Observer, Gatoaitele Savea Sano Malifa, yang pada tahun 2000 dinobatkan sebagai salah satu pahlawan Kebebasan Pers Dunia, World Press Freedom Heroes, oleh IPI. Dia menekankan pentingnya kebebasan pers dan perannya dalam kehidupan setiap hari.

Berkomentar tentang perkembangan media baru-baru ini di Samoa, Griffen mengkritisi hukum pidana Criminal Libel law, yang baru-baru ini kembali dimasukkan dalam legislasi setelah pembatalannya pada tahun 2013, menjelaskan UU ini adalah hambatan bagi kebebasan pers.

Jika Pemerintah Samoa khawatir dengan penyalahgunaan kebebasan media, Griffen menyarankan, masih ada ‘alternatif lainnya yang lebih baik’ daripada mengembalikan UU tersebut.

Perayaan ulang tahun Samoa Observer yang ke-40 itu ramai dan meriah. Di antara para tamu yang hadir adalah Kepala Negara, Yang Mulia Tuimaleali'ifano Va'aletoa Sualauvi II, anggota Council of Deputies, Tapusatele Le Mamea Ropati Mualia, Perdana Menteri, Tuilaepa Dr. Sa'ilele Malielegaoi, Wakil Perdana Menteri, Fiame Naomi Mataafa, sejumlah Menteri-menteri dari Kabinet, Anggota-anggota parlemen, anggota perwakilan diplomatik, dan komunitas bisnis swasta.

Loading...
;

Berbicara atas nama Pemerintah, Perdana Menteri Tuilaepa mengucapkan selamat kepada Gatoaitele Savea dan Muliaga Jean Malifa, atas ketekunan mereka dalam mengembang Samoa Observer.

Perdana Menteri menyatakan bahwa Samoa Observer telah melewati banyak tantangan selama 40 tahun terakhir, dan berhasil untuk terus menumbuhkan surat kabar itu.

Sementara itu, dalam pidatonya, Gatoaitele juga berterima kasih kepada seluruh Samoa untuk dukungannya selama dari dekade ke dekade. (Samoa Observer)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top