Sampah masih menumpuk di Danau Sentani

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Sentani, Jubi – Danau Sentani sudah disepakati akan menjadi sumber air bersih di Kota dan Kabupaten Jayapura. Namun kesepakatan tersebut sepertinya bertolak belakang dengan kondisi saat ini. Sampah masih terlihat menumpuk di danau terluas di Papua ini.

“Bagaimana mau jadikan danau ini sebagai sumber air bersih kalau sampah saja masih menumpuk setiap hari,” kata Yahya Felle, seorang warga Kampung Yahim, saat ditemui Jubi, di pinggiran Danau Sentani, Selasa (11/9/2018).

Yahya menceritakan setiap hari ada saja sampah dari perkotaan yang masuk melalui sungai-sungai yang bermuara di Danau Sentani.

“Di Kampung Yahim ini ada tiga sungai besar yang mengalir dan semua bermuara ke danau. Banyak sekali sampah yang dibuang ke sungai oleh masyarakat kota,” ujarnya.

Kepala Kampung Yahim, Yusak Pangkali, mengatakan warganya yang tinggal di sekitar dermaga Yahim di pesisir Danau Sentani selalu mengeluhkan sampah dari masyarakat kota.

Dikatakan, ada 11 rumah dan Kepala Keluarga (KK) yang tinggal di pinggiran danau dekat dermaga Yahim, yang setiap hari berhadapan langsung dengan sampah yang dibuang oleh masyarakat kota melalui sungai.

Loading...
;

“Kalau ada niat mau jadikan danau ini sebagai sumber air bersih, persoalan sampah harus diatasi dulu. Ini semua manusia normal yang hidup, masak kita harus minum air dari tempat sampah,” katanya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top