Follow our news chanel

Previous
Next

Satgas Covid-19 Papua belum miliki data lengkap ASN yang terinfeksi korona

papua-swab-test
Gugus Tugas Covid-19 Kota Jayapura saat melakukan swab test kepada seorang warga di kantor Wali Kota Jayapura - Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Juru bicara Satuan Tugas Covid-19 Papua, Silwanus Sumule membenarkan adanya sejumlah Aparatur Sipil Negara atau ASN Pemerintah Provinsi Papua yang terinfeksi korona. Akan tetapi, Satuan Tugas Covid-19 belum mengetahui jumlah total ASN Pemerintah Provinsi Papua yang terinfeksi korona.

“Nanti saya akan data satu per satu tiap Organisasi Perangkat Daerah atau OPD, dan akan sampaikan ke wartawan. Memang saat ini sangat banyak permintaan swab dari OPD maupun lembaga vertikal serta bank swasta. Jadi daftar antrean sangat panjang. Akan tetapi, semua pasti akan terlayani, karena semua kebutuhan ada,” kata Sumule.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua telah menutup sementara Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Papua, setelah 13 pegawainya positif terinfeksi korona. Sejumlah 13 pegawai Bappeda Provinsi Papua itu dinyatakan positif dari hasil pemeriksaan PCR.

Baca juga: Seluruh ASN di Papua wajib jalani pengambilan swab 

Penjabat Sekretaris Daerah Papua, Ridwan Rumasukun pada Kamis (17/9/2020) mengatakan seluruh ASN Bappeda Papua bekerja dari rumah. Akan tetapi, Rumasukun menyatakan hal itu tidak mengganggu kinerja Bappeda.

“Setelah tahu ada pegawainya yang terpapar, langsung diambil tindakan menutup kantor sejak pekan lalu. Mereka kerja dari rumah saja. Bahkan Kepala Bappeda akhirnya berkantor di ruangan saya, agar proses kerja tetap berjalan sebagaimana mestinya,” kata Rumasukun.

Rumasukun menyatakan sebelumnya Kantor Inspektorat Pemprov Papua juga sempat ditutup sementara, setelah delapan pegawainya terpapar korona. Akan tetapi, pekan ini Kantor Inspektorat telah dibuka kembali, setelah seluruh ASN Kantor Inspektorat dinyatakan bebas korona melalui dua tes PCR.

Loading...
;

“Saya lupa tanggalnya, tapi itu sebelum Agustua. Untuk itu, saya imbau bagi ASN pemprov yang belum menjalani [pengambilan] swab, harap bisa segera menjalani [pengambilan] swab, agar semua bekerja dengan aman,” ujarnya.

Baca juga: 60 ASN Pemerintah Kota Jayapura terpapar Covid-19

Pada 27 Agustus 2020, Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal mengumumkan bahwa seluruh ASN di Papua diwajibkan menjalani pengambilan swab untuk pengujian Covid-19 dengan metode realtime PCR. Tinal meminta pengambilan swab bagi para ASN itu dimulai pada 31 Agustus 2020.

“Saya minta pimpinan instansi proaktif. Mulai Senin [pekan depan harus] sudah melakukan swab. Entah itu [pengambilan swab] secara mandiri, ataupun melibatkan Satuan Tugas Covid-19 yang ada di provinsi, kabupaten, atau kota,” kata Tinal saat itu.

Ketua Harian Satgas Covid-19 Provinsi Papua, Willem Manderi mengatakan dari 35 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Papua, baru sekitar tujuh OPD yang telah menyelenggarakan pengambilan swab bagi ASN mereka. “Nanti kami cek lagi ke Laboratorium Kesehatan Daerah Papua. Semoga saja jumlahnya sudah bertambah,” kata Manderi.(*) 

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top