Satgas Kaki Telanjang akan bertugas di Koroway

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1
 
Jayapura, Jubi – Kepala Dinas Kesehatan Papua drg. Aloysius Giyai berjanji akan menurunkan Satuan Tugas (Satgas) Kaki Telanjang atau Terapung pada Mei 2017 untuk bertugas di wilayah Koroway mengatasi masalah kesehatan di wilayah tersebut.

“Sebelum itu ada tim tanggap darurat bentukan Dinkes yang akan turun bulan depan (April), setelah mendapat laporan dan penanganan dari tim tanggap darurat baru saya turunkan tim Satgas Kaki Telanjang untuk bertugas di sana, Satgas ini akan dikontrak selama dua tahun,” katanya Giyai kepada wartawan di Jayapura, Kamis (30/3/2017).
 
Giyai berterima kasih kepada masyarakat yang peduli kepada masyarakat di Koroway yang hingga kini masih minim pelayanan kesehatan.
 
“Saya secara pribadi berterima kasih kepada masyarakat yang dengan rutin melakukan pelaporan terhadap perkembangan kesehatan di Koroway,masih banyak kekurangan dan kendala yang kami hadapi, khususnya menembus wilayah-wilayah terpencil di Papua, untuk itu saya berharap pemerintah kabupaten juga harus aktif melihat masyarakatnya,” ujarnya.
 
Dikatakan, selama ini Dinkes Papua telah memperjuangkan pelayanan kesehatan bergerak atau mobile strategi dari rumah ke rumah atau dari kampung terisolasi ke kampung terjauh. Namun karena kebijakan pemerintah daerah yang bervariasi membuat pelayanan sedikit tersendat.
 
“Ada Pemda yang berpihak ke rakyat termarghinal dan ada juga masa bodoh dengan rakyatnya, seandainya alokasi dana cukup maka saya yakin dan percaya semua lokasi atau kampung terisolasi pasti tertanggani, mari kita bergandengan dengan terus berupaya agar pada 2018 walau dengan alasan apapun semua daerah yang terisolir bisa terjangkau oleh tenaga kesehatan,” katanya.
 
Sebelumnya, Sekretrais Tim Peduli Kesehatan Rimba Papua Soleman Itlay mengatakan, 64 orang Koroway di Distrik Seradala, Kabupaten Yahukimo telah meninggal dunia kurun 2011-2017 karena tidak adanya pelayanan kesehatan yang memadai. (*)
 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top