Satpol PP harus lakukan patroli malam

Jubi | Tetap No. 1 di Tanah Papua

Jayapura, Jubi – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Jayapura harus melakukan patroli pada malam sesuai kesepakatan yang dijadwalkan yaitu pukul 23.00 – pukul 6 pagi. 

“Yang kami pantau belum ada Satuan Polisi Pamong Praja yang mengikuti (patroli). Mohon segera daftar nama-nama dan koordinasi dengan pihak kepolisian agar ada kebersamaan dalam patroli malam,” kata Wakil Wali Kota Jayapura H. Rustam Saru di Jayapura, Selasa (20/6/2017).

Menurut Rustam Satpol PP belum berani menegakkan aturan. Oleh karena itu, dirinya meminta agar dalam melaksanakan tugasnya. Satpol PP juga harus rajin mengisi daftar hadir ketika melaksanakan tugasnya. 

“Dari jumlah 229 petugas satuan polisi yang bekerja baik yang kontrak dan ASN, saya berharap agar semua bergerak cepat dan tepat sesuai dengan aturan yang ada,” katanya. 

Rustam Saru mengatakan, setiap pagi hari pimpinan Polisi Pamong Praja harus melakukan pengontrolan terhadap bawahannya. 

“Kalau mereka bertugas di wali kota, rumah penjabat, harus dilakukan patroli. Satuan polisi pamong praja yang malas tugas itu ketika dicek mereka tidak ada,” katanya. 

Loading...
;

Ia juga mengatakan, banyak bangunan liar atau tak berizin di Kota Jayapura seperti di kawasan Entrop, Distrik Jayapura Selatan.

Bangunan-bangunan tersebut seakan dibiarkan, sehingga masyarakat pun seenaknya berlomba-lomba membangun rumah.

“Sebelum dibongkar harus beri penjelasan kepada mereka. Kami beri waktu apabila mereka setuju baru dibongkar. Jangan langsung gusur. Beri pemahaman dulu baru ditertibkan agar mereka memahami masalah mereka. Jangan langsung bongkar. Tanya apakah mereka ada surat atau tidak. Pol PP harus tegas kenapa kota ini dijaga, bersih dan tertib," katanya.

Rustam Saru juga mengatakan, kadang ada pemadam kebakaran lambat menangani peristiwa kebakaran.

“Saya tidak tahu komunikasi seperti apa setelah rapat ketemu. Agar kelihatan indah lihat kondisinya mobil rush ada beberapa kurang dibiarkan begitu, maka khusus alat kebakaran dilengkapi apa yang rusak, butuh kenyamanan kepada masyarakat,” katanya.  

Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano (BTM) akan meminta bantuan Kapolresta Jayapura untuk mem-back up tugas dan tanggung jawab Satpol PP. 

“Kami akan melakukan penertiban di sejumlah tempat. Saya meminta Polisi Pamong Praja jangan takut, sebab apa yang dilakukan itu berdasarkan aturan yang berlaku, karena kami lakukan ini tidak sewenang-wenang, juga tidak arogan,” katanya. (*)
 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top