Satu jam matikan lampu untuk menyelamatkan bumi

Aksi para aktivis lingkungan di hari Switchoff Earth Hour di Kota Jayapura- Jubi/David Sobolim
Satu jam matikan lampu untuk menyelamatkan bumi 1 i Papua
Aksi para aktivis lingkungan di hari Switchoff Earth Hour di Kota Jayapura- Jubi/David Sobolim

Papua No. 1 News Portal | Jubi

KOMUNITAS peduli lingkungan di Kota Jayapura menggiatkan kampanye menyelamatkan bumi pada peringatan Switchoff Earth Hour 2019.

Direktur WWF Indonesia Program Papua, Benja V. Mambai, di Jayapura, Sabtu (30/3/2019), mengatakan kegiatan ini disponsori WWF. Secara global WWF sponsori kegiatan ini yang ke-11 dan di Indonesia di 30 provinsi.

Dia menjelaskan persoalan lingkungan menjadi tanggung jawab kita semua. Di Papua sendiri, ada tiga tempat yang mengadakan kegiatan yang sama, yaitu Asmat, Merauke, dan Kota Jayapura.

“Acara malam hari ini (bukan) akhir dari kegiatan ini, tetapi awal generasi untuk melestarikan bumi,” katanya.

“Dan dua minggu yang kita lalui ini menjadi pelajaran buat kita yang berada di Kota Jayapura. Untuk tetap melestarikan bumi yang kita tempati ini,” lanjutnya.

Dia juga berjanji WWF mendukung setiap kegiatan yang bersifat menyelamatkan lingkungan, karena dengan pelestarian lingkungan kita aman dan menghirup udara yang segar.

Loading...
;

Kegiatan SwitchOff Earth Hour ini, lanjutkan, dengan sejumlah puisi yang dibawakan oleh sejumlah komunitas peduli lingkungan.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sudah lama mengimbau seluruh masyarakat untuk mematikan lampu dan peralatan elektronik yang tidak terpakai selama satu jam, dari pukul 20.30 sampai 21.30, untuk mendukung sepenuhnya global Earth Hour 2018.

Seperti diberitakan Tempo, Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono, lewat surat resmi tertanggal Jumat, 23 Maret 2018 juga mengimbau kepada pimpinan kementerian dan lembaga serta pejabat pemerintahan, baik di pusat maupun di seluruh daerah di Indonesia, pimpinan lembaga legislatif, pimpinan korporasi dan tokoh-tokoh masyarakat di seluruh Indonesia untuk menyosialisasikan gerakan nasional dan global Earth Hour.

Earth Hour adalah sebuah kegiatan global yang diadakan oleh World Wide Fund for Nature (WWF) pada Sabtu terakhir bulan Maret setiap tahun.

Kegiatan ini berupa pemadaman lampu yang tidak diperlukan di rumah dan perkantoran selama satu jam untuk meningkatkan kesadaran akan perlunya tindakan serius menghadapi perubahan iklim. Kegiatan yang dicetuskan WWF dan Leo Burnett ini pertama kali diselenggarakan pada 2007. Indonesia menjadi salah satu negara yang mendukung kegiatan ini. (*)

Editor: Timo Marten

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top