Follow our news chanel

Previous
Next

Satu kampung di Samoa akan dipindahkan untuk pembangunan bandara alternatif

Pesawat Twin Otter maskapai Polynesian Airlines di Bandar Udara Fagali’i di Upolu, Samoa. - RNZI/ Alan Lebeda
Satu kampung di Samoa akan dipindahkan untuk pembangunan bandara alternatif 1 i Papua
Pesawat Twin Otter maskapai Polynesian Airlines di Bandar Udara Fagali’i di Upolu, Samoa. – RNZI/ Alan Lebeda

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Apia, Jubi – Dewan Kepala Suku Desa Ti’avea di sebelah ujung timur Pulau Upolu di Samoa, telah menyetujui permintaan pemerintah untuk memindahkan rumah-rumah dan kuburan-kuburan demi memfasilitasi pembangunan lapangan terbang baru bernilai AS$ 5 juta.

Surat kabar Samoa Observer melaporkan kepala suku besar, Tolu Iona Maiava, berkata desa itu telah membahas permintaan pemerintah tersebut, dan mereka telah mengambil keputusan.

“Desa ini telah sepakat mengenai proyek ini, karena kita telah membahas ini di tingkat dewan desa dan mengambil keputusan dengan suara bulat, karena itulah bagaimana pengambilan keputusan seperti ini dilakukan di Ti’avea,” tegas Tolu.

Dia menegaskan bahwa siapa pun yang tanahnya terkena dampak proyek itu tidak dapat melawan pembangunan selanjutnya.

Tahun lalu sebuah Nota Kesepakatan telah ditandatangani antara pemerintah dan Dewan Desa Ti’avea atas kompensasi sebesar AS$ 1,4 juta sebagai imbalan dari 26 hektare tanah milik keluarga-keluarganya.

Tolu menambahkan bahwa ia juga akan merasakan dampak perpindahan itu, dia akan kehilangan satu rumah tamu dan beberapa kuburan keluarganya.

Loading...
;

Dia menerangkan bahwa beberapa keluarga sudah mulai memindahkan bangunan-bangunan dan kuburan dari desa itu, dan jika ada yang menentang keputusan bersama desa itu, mereka akan didenda.

Landasan udara itu baru-baru ini ditetapkan sebagai lokasi alternatif bandara internasional setelah sebuah laporan bahwa Bandara Internasional Faleolo rentan terhadap gelombang pantai yang terlalu tinggi. (RNZI)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top