Follow our news chanel

Satu lagi gunung berapi aktif di Vanuatu

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Port Vila, Jubi – Ratusan warga dari Pulau Ambrym di Vanuatu, akan dipindahkan dari pulau itu jika erupsi gunung berapi di sana terus berlanjut.

Tujuh ratus warga dari Desa Paamal, Ulei, Sameou, dan Asse dipindahkan ke posko-posko bencana di safe zone pulau itu menyusul gempa bumi, yang dipicu oleh aktivitas gunung berapi di pulau bulan lalu, yang meretakkan tanah hingga ke permukaan dan merusak rumah-rumah.

Menurut Departemen Geohazards Vanuatu, dua gunung berapi di Pulau Ambrym, Gunung Marum dan Gunung Benbow, sekarang berstatus siaga level 3, mengindikasikan status letusan kecil.

Augustine Garae, pekerja Palang Merah Vanuatu, menyatakan desa-desa itu tidak aman dan warga setempat yang tinggal di sana, telah dievakuasikan ke komunitas-komunitas terdekat. Garae menambahkan jika situasi memburuk, sudah ada strategi untuk memindahkan mereka keluar dari pulau itu.

“Untuk sementara ini, pemerintah telah mengambil keputusan memindahkan warga ke tiga posko relokasi. Dan jika skenario paling buruk terjadi, sudah ada rencana yang pasti, contohnya, komunitas-komunitas ini harus dievaluasikan ke Malekula, salah satu pulau yang besar di provinsi ini.”

Minggu lalu, Garae Dewan mengungkapkan Dewan Menteri (Council of Ministers; COM) berjanji untuk memulihkan kembali layanan-layanan dasar di Ambae, pulau di sebelah utara Ambrym, di mana aktivitas vulkanik telah berlangsung selama satu tahun terakhir, dan menyebabkan evakuasi massal ribuan jiwa.

Loading...
;

Gunung berapi Manaro Voui di Pulau Ambae satu tingkatan lebih rendah dari gunung berapi di Ambrym – mencapai siaga level 2 dalam sistem siaga status gunung berapi 5 tingkatan yang digunakan Vanuatu.

Sebelumnya, pemimpin-pemimpin di Provinsi Sanma di Vanuatu juga turun tangan, menyatakan mereka siap menampung orang-orang yang terpaksa pindah, akibat letusan gunung berapi di Ambrym. (RNZI)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top