Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Satu per satu pemain Persipura pamit

Tim Persipura musim 2019 - Jubi/Dok
Satu per satu pemain Persipura pamit 1 i Papua
Tim Persipura musim 2019 – Jubi/Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Tim berjuluk Mutiara Hitam berencana latihan perdana berlangsung 24 Januari 2020. Tetapi satu demi satu pemain mulai pergi. Imanuel Wanggai sejak awal nyatakan mundur dari tim Mutiara Hitam berikut Rolando Wanma pemain muda Persipura. Belakangan gelandang bertahan asal Korsel Oh-Inkyun juga menyatakan pamit.

Begitupula bek asal Brasil Andre Ribero juga menyatakan sedang mencari klub lain, meskipun sejatinya eks bek Vasco De Gama Klub Liga Utama Brasil ini memilih tetap bersama Persipura. Sedangkan M Tahir sedang berlibur di Balikpapan, berhubung istrinya tinggal di sana, namun belum berkomentar soal kontrak baru.

Padahal berkaca dari musim lalu, selain tim berjuluk Mutiara Hitam berstatus tim musafir, ternyata lini belakang Persipura dianggap keropos. Mantan manajer klub Paradise FC Sentani dan juga penasehat SSB Imanuel Sentani, Wilhelmina Frazier, menilai lini belakang Persipura perlu lagi dibenahi musim 2020.

“Saya kira lini belakang Persipura perlu dibenahi pasca Ricardo Salampessy,” katanya kepada Jubi, Rabu (15/1/2020) sore.

Dia menambahkan bek asal Brasil Andre Ribero sudah bagus hanya saja koordinasi antara lini belakang perlu dibenahi agar tidak lagi membuat kesalahan yang tidak perlu terjadi. Apalagi Andre Ribero termasuk starting eleven terbaik versi Asosiasi Soccer Indonesia termasuk Titus Bonay dalam posisi striker. Begitupula dengan kiper Dede Sulaiman, termasuk penjaga gawang dengan penyelamatan gemilang.

Selain itu wing bek kanan masih ada bek senior Tinus Pae, wing bek kiri Valentino Telaubun, dan pemain muda wing bek kiri David Rumaikewi. Seandainya Persipura mau menarik pulang pemain Papua dari klub di luar Papua nama bek kiri Ronny Beroperay

Loading...
;

Andre Ribero sendiri belum meneken kontrak baru dengan Persipura untuk musim depan, namun sudah mendapat penawaran dari tiga klub dari Malaysia dan dua klub di Liga 1 Indonesia musim 2020. Andre Ribero mengaku ingin bertahan di Liga 1 dan kelihatannya Persita Tangerang serius mengontrak bek asal Brasi litu. Begitu pula Todd Rivaldo Ferre sudah ada klub Eropa yang mendekatinya termasuk manajemen Persipura.

Menanggapi hengkangnya beberapa pemain Persipura, pengamat dan pencinta Persipura, dr Adrian Engel J Ansanay, justru meminta agar manajemen Persipura bergerak cepat sebelum para pemain pamit.

“Saya menilai pemain muda mulai dari Todd Ferre dan Titus Bonay harus segera diikat kontraknya,” katanya kepada Jubi, Selasa (14/1/2020), seraya mengakui kalau wewenang untuk memilih pemain merupakan hak dari pelatih Jacksen F Tiago.

Selain itu wing bek kanan masih ada bek senior Tinus Pae, wing bek kiri Valentino Telaubun dan pemain muda wing bek kiri David Rumaikewi. Seandainya Persipura mau menarik pulang pemain Papua dari klub di luar Papua nama bek kiri Ronny Beroperay. Tinggal pekerjaan rumah bagi pelatih Jacksen F Tiago untuk mengisi posisi bek tengah jika Andre Ribero hengkang. Tinggal bek berpengalaman Ricardo Salampessy tetapi perlu ada pelapis karena kecepatan Ricardo, Boaz, dan Ian Kabes sudah menurun lantaran usia tak bisa membohongi kelincahan bermain.

Kepergian Dai Manu dan gelandang bertahan asal Korea Selatan Oh-Inkyun juga telah menyatakan pamit melalui postingannya di Instagram. Praktis lini tengah Persipura tersisa M Tahir, Ian Luis Kabes, dan Todd Rivaldo Ferre. Gelandang bertahan milik Persipura M Tahir sendiri masih berlibur di Balikpapan dan belum mau bicara kontrak karena masih menikmati masa liburan bersama keluarganya.

Bagaimana dengan lini depan Persipura? Marinus Manewar gelandang muda Persipura sudah mengaku tetap bersama Persipura. Rolando Wanma sudah pamit. Tinggal Boaz, Gunansar Mandowen, dan Titus Bonay. Belakangan Tibo dikabarkan hengkang mengikuti rekan setim sejak Persipura U-18, Manu Wanggai. Walau kepastian merekrut pemain jelas masih di tangan pelatih kepala Jacksen F Tiago.

Lagi-lagi kekhawatiran para simpatisan Persipura sebagaimana dikatakan pecinta Persipura dr Engel Ansanay meminta agar Persipura harus bergerak cepat sebelum pemain hengkang. Apalagi Todd Rivaldo Ferre sendiri sudah mendapat tawaran dari klub Eropa di Liga Siprus.

“Saya hanya mengingatkan tim berjuluk Mutiara Hitam karena pengalaman musim lalu terlambat rekrut pemain bisa menghambat laju Persipura,” seraya mengharapkan semoga Jacksen F Tiago juga membidik pemain-pamain baru dari Brasil.

Dr Adrian Engel Anasanay menambahkan Ketua Umum Persipura, Benhur Tommy Mano, sendiri mengaku akan merekrut kembali pemain asal Papua.

“Saya kira pemain seperti Fernando Pahabol dan juga Ronny Beroperay pantas kembali ke Persipura,” katanya.

Sementara itu Ketua Umum Persipura, Benhur Tommy Mano, mengaku akan memanggil pulang pemain-pemain Papua tetapi tentunya atas rekomendasi dari pelatih kepala Jacksen F Tiago. Ketua Umum Persipura sendiri berjanji akan mengumumkan para pemain dalam waktu dekat.

Berikut catatan Jubi soal pemain-pemain Papua di luar yang saat ini dilepas klub sebut saja gelandang Engelberth Sani dari Madura United, gelandang Vendri Mofu dari Bhayangkara FC, gelandang serang eks Persija Yan Pietr Nasadith.

Meskpun kelihatannya Persipura bergerak lambat merekrut pemain, tampaknya pelatih Persipura Jacksen F Tiago punya pilihan dan keputusan. Berikanlah kepercayaan kepada pelatih untuk membentuk tim musim 2020. Paling tidak formasi tim dan kombinasi pemain senior dan junior bisa menjadi salah satu pertimbangan. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top