SDA Terbatas di Kota Jayapura, Bukan Kendala Berkreasi

Nur Alam, Wakil Walikota Jayapura, menyerahkan dana pendampingan kepada perwakilan kelompok usaha perempuan Port Numbay – Jubi/Munir
Nur Alam, Wakil Walikota Jayapura, menyerahkan dana pendampingan kepada perwakilan kelompok usaha perempuan Port Numbay – Jubi/Munir

Jayapura, Jubi – Keterbatasan Sumber Daya Alam (SDA) di Kota Jayapura, hendaknya tidak dijadikan kendala untuk terus berkreasi dan berusaha di sektor lain yang cukup menjanjikan, dalam rangka meningkatkan ekonomi keluarga seperti budi daya jamur tiram.

 

Hal tersebut dikatakan Nur Alam, Walikota Jayapura, pada Kegiatan Bimbingan Manajemen Usaha Bagi Perempuan Melalui Pelatihan Jamur Tiram, di Aula SMA Muhammadiyah Abepura, Jumat (14/8/2015).

“Salah satu yang dirasakan cukup produktif adalah peningkatan ekonomi keluarga melalui usaha pelatihan Jamur Tiram,” kata Nur Alam.

Kata Alam, Jamur tiram adalah jenis tanaman yang dapat dijumpai di wilayah Kota Jayapura. Untuk membuatnya tentu membutuhkan proses dan waktu, dan harus dilalui dengan pelatihan dan pendampingan.

“Umumnya orang selalu berpikir bahwa untuk berwirausaha dilandasi dengan bekerja keras. Yang perlu adalah bagaimana suatu produk ditata dengan baik, benar, dan higienis serta memberikan pelayanan kepada konsumen dengan senyum, ramah dan sopan,” katanya.

“Perempuan jangan hanya dininabobokkan, tanpa berusaha membangkitkan mereka dari stigma negatif menganggap perempuan di Indonesia, khususnya di Tanah Papua, terutama di Kota Jayapura masih cukup tertinggal dibandingkan dengan laki-laki dalam beberapa aspek kehidupan,” sambungnya.

Loading...
;

Dia menambahkan, kapasitas kaum perempuan, sebagai pegiat ekonomi, tidak lagi sebagai pelengkap, bahkan telah menjadi tulang punggung utama.

Sebagian besar telah menunjukkan bahwa sumbangsih perempuan terhadap geliat ekonomi, tidak bisa dilihat sebelah mata.

 

Di tempat yang sama, Maria Nere, Ketua Panitia bimbingan manajemen usaha, mengungkapkan, diharapkan kaum perempuan mampu mengaplikasikan pengetahuan dan ketrampilan melalui proses pembuatan jamur tiram serta menekuni usaha yang telah dikelola sehingga dapat menopang ekonomi keluarga.

 

Selain itu, dengan adanya dana pendampingan bagi kelompok usaha perempuan sehingga dapat meningkatkan jati diri perempuan dalam mengelola usaha.

Untuk diketahui, selain bimbingan manajemen usaha dan pelatihan pengolahan jamur tiram, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kota Jayapura sebagai penyelenggaran kegiatan tersebut, juga diserahkan dana pendampingan kelompok usaha perempuan Port Numbay. (Munir)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top